Tips Menjalin Relasi antar Sesama Blogger

Cara-Ririn.Com – Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah membahas tentang Pentingnya Relasi dalam Dunia Blogging. Mengapa relasi itu penting? Hal tersebut dikarenakan relasi bisa membuat blog kita terkenal, bisa bikin ngeblog jadi indah, bisa saling membantu dan saling mensupport satu sama lain. Sehingga, harapannya kita bisa sukses dan kita bisa mencapai apa yang menjadi tujuan ngeblog.

Untuk menjalin hubungan dan kerjasama antar sesama blogger tidak mudah. Ini sering menjadi kendala saat kita baru mengenal blogging, atau istilahnya blogger pemula. Sehingga membuat galau dan putus asa, serta semangat ngeblog turun. Untuk mengatasi hal itu, saya menjadi tertarik untuk mengulas bagaimana sih cara menjalin hubungan dengan sesama blogger? Sehingga nanti bisa membuat aktivitas ngeblog jadi indah.

Tips Menjalin Relasi antar Sesama Blogger

Image by bekamsteriljakarta.com

Setelah sebelumnya saya share tentang Cara Agar Blog / Website Muncul di Google sebagai panduan praktis bagi anda yang blog nya ingin tampil di search engine Google. Dalam kesempatan kali ini saya akan mejelaskan Tips Menjalin Relasi antar Sesama Blogger. Berikut adalah point-point nya.

1. Hunting Admin Blog yang Aktif

Apa kriteria admin blog yang aktif? Adalah mereka yang setiap hari online. Meskipun mereka tidak menerbitkan artikel tiap hari, tapi mereka selalu online untuk membalas dan menjawab komentar. Apa ada admin blog yang tidak aktif? Tidak hanya ada tapi banyak. Semua itu biasanya tergantung dari admin blog itu sendiri, karena mereka juga punya kesibukan di dunia nyata, misalnya.

2. Cari Admin Blog yang Sepadan

Menjalin hubungan dengan blogger yang sudah senior, terkenal, populer, dan mempunyai blog rame, tentu jauh lebih sulit dibandingkan dengan admin blog yang pemula blogging. Tapi tidak sedikit juga blogger senior yang masih mau menjalin relasi dengan blogger pemula. Semua itu kita kembalikan lagi pada individu masing-masing. Adapun saran saya, sebaiknya cari yang sepadan. Misal, anda pemula blogging. Anda perlu mencari relasi dengan sesama pemula blogging. Nanti pasti akan lebih mudah ke depan nya.

3. Mempunyai Motivasi Ngeblog yang Sama

Setiap admin blog, pasti mempunyai tujuan yang tidak sama. Ada yang ingin cari duit dari blogging, ada yang sekedar belajar, cari teman, ada yang sekedar fun, dll. Gimana agar kita bisa tahu motivasi mereka? Caranya mudah. Kalau blognya ada iklan nya atau artikel blog nya membahas uang, pasti mereka mempunyai tujuan ngeblog untuk cari penghasilan. Saran saya, sebaiknya anda cari relasi blogger yang mempunyai tujuan yang sama dengan anda. Kalau motivasinya beda gimana? Sebenarnya tidak apa-apa, asalkan mereka dan anda bisa saling pengertian dan mau menyadari bahwa tujuan ngeblog tidaklah sama.

4. Cari Blogger yang Pengertian

Saling pengertian dan saling support merupakan relasi yang sangat baik. Artinya, apabila anda ingin punya relasi yang win win solution dan bertahan lama hingga tahunan, maka hendaknya saling pengertian (Baca: Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Blogger). Memang agak susah, karena sifat individu tidak sama satu sama lain. Contoh sederhan saja. Misalkan anda sudah berkomentar sampai 3x di blog teman anda. Nah, apabila teman anda pengertian, maka mereka juga akan berkomentar di blog anda. Bahkan bisa lebih dari 3x jumlah komentarnya. Itu contoh sederhan saja.

5. Rutin Berkunjung dan Berkomentar Satu sama Lain

Point nomor 5 ini yang paling sulit, karena kita terkadang terkendala oleh dunia offline yang tidak bisa ditinggalkan. Misalnya seperti bekerja, sekolah, sakit, laptop rusak dll. Namun, apabila blogger yang aktif, maka mereka akan selalu rutin untuk berkunjung dan berkomentar satu sama lain. Sehingga aktifitas ini perlu dibiasakan.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Tips Menjalin Relasi antar Sesama Blogger. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Cara Mengembalikan Blog yang Dihapus Pihak Blogger. Thanks atas perhatiannya.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

11 gagasan untuk “Tips Menjalin Relasi antar Sesama Blogger

  1. Ahmad Zaelani

    no 2 tuh yang menurut saya emang sulit dan emang faktanya kayak gitu,,, kadang nih kalo blogger yang ngerasa udah senior mungkin akan memandang blogger pemula sebagai blogger yang biasa – biasa saja, contohnya banyaklah dan saya udah mengalamin sendiri, contoh ada 4,,, tapi yah tetep kalem aja dan santai,,,, memang mereka juga berhak bersikap seperti itu… heheh well tetep postof thinking aja,,,

    Balas
  2. Mawan

    benar sekali point2 diatas sis, jadi blog kita juga akan rame 😀 , sebelumnya minal aidzin nih kalau masih bisa 😀 udah lama gak mampir kesini 🙂

    Balas
  3. jhuanita tryaz

    menjalin relasi memang susah-susah gampang,
    terlebih dengan admin yang jarang aktif.
    hal ini juga pernah saya alami, dimana hanya saya aktif dan sidia sibuk dengan pesbuk dan fanpage nya.
    terima kasih mbak ririn atas point-point nya.

    Balas
  4. Indra Kusuma

    Memang harus di butuhkan komunikasi dan pengertian dalam hal membangun relasi dalam dunia blogging ya Mba, karena bisa saling berbagi mensupport dalam hal positif.

    Salam

    Balas
  5. Abed Saragih

    Sesama blogger memang harus saling menjaga silaturahmi dengan cara blogwalking atau sekedar berbagi pengetahuan , memang kalau ngeblog tanpa relasi ada saja yang kurang yaitu kurang teman blog untuk saling berbagi.

    Balas
  6. indra

    Kalo menurut saya..
    Coba saja menjalin baik dengan pemula maupun master.
    Awalnya memang di tolak secara halus, tapi lama-kelamaan terjalin pula link partner dengan blog master.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *