Tips Mendapatkan Freelance Writer untuk Blog Anda

Bagaimana Cara Merekrut Penulis Lepas untuk Website Kita? Adalah pertanyaan yang dulu pernah admin blog cara-ririn.com rasakan. Kala itu, admin merasa agak galau lantaran memiliki 3 blog dan dikelola seorang diri. Sehingga admin berfikir bagaimana caranya agar 3 blog tersebut bisa tetap hidup mengudara di dunia maya, alias blog nya bisa konsisten update artikel.

Pada waktu itu, admin blog cara-ririn.com terbesit dalam bati juga ingin menjual salah satu blog tersebut. Tapi setelah dipikir-pikir sayang juga kalau dijual, soalnya bikinnya lumayan susah 😀 Nah, saat admin melihat blog tetangga kitaabah.com, admin jadi terinspirasi dari format blog tersebut. Blog tersebut adalah blog para penulis lepas. Dimana yang bikin artikel adalah para member nya, dan setiap artikel akan dibayar dengan nominal tertentu oleh Bos Kitaabah, alias founder atau pemilik website tersebut.

Tips Mendapatkan Freelance Writer untuk Blog Anda

Akhirnya admin blog cara-ririn.com memutuskan untuk merekrut para penulis untuk membantu admin dalam mengupdate artikel di blog. Dan setiap artikel akan dibayar dengan nominal tertentu. Alhamdulillah kini admin sudah memiliki 15 penulis yang membantu admin dalam mengupdate 3 blog admin. Sehingga admin jadi agak ringan dalam mengelola blog-blog tersebut.

Tapi, sebelum kita merekrut freelance writer, alangkah baiknya blog kita sudah mempunyai penghasilan yang besar dan bersifat tetap, sehingga kita bisa agak ringan dalam membayar para penulis. Selain itu, kita harus bertanggung jawab dalam membayar mereka. Kita harus adil, jujur, dan terpercaya, sehingga mereka tidak merasa rugi dan tidak tertipu untuk bekerja sebagai penulis di blog kita. Usahakan juga blog kita sudah pakai domain dan hosting sendiri, agar blog kita terlihat profesional dan bisa dipercaya oleh calon penulis.

Nah, bagi anda para blogger/webmaster yang punya banyak blog/website dan tidak punya banyak waktu untuk mengurus semuanya, sebaiknya rekrut penulis lepas, agar aktivitas ngeblog jadi agak ringan. Berikut ini admin cara-ririn.com akan share bagaimana caranya sih untuk mendapatkan penulis lepas untuk blog kita. Tips ini selain terinspirasi dari blog milik saudara Komarudin Tasdik (kitaabah.com), juga merupakan pengalaman admin pribadi. Berikut adalah ulasannya.

Tips Mendapatkan Freelance Writer untuk Blog Anda

1. Jemput bola
Trik yang paling efektif dan tertarget adalah dengan cara menjemput bola, yakni mengundang mereka (penulis) untuk bekerja sebagai penulis di blog kita. Kita bisa mencarinya dibanyak tempat, misal mereka sudah lumayan aktif di situs freelance writer, dll. Kita bisa memilih mereka yang punya skill menulis yang bagus dan tidak suka copas artikel di blog lain. Kita bisa mengundangnya lewat sms, email, fb, dll. Trik ini sudah pernah dicoba oleh admin cara-ririn.com saat kali pertama mencari penulis lepas dan alhamdulillah berhasil sukses.

2. Menulis artikel tentang lowongan penulis di situs forum dan social media
Point ini juga lumayan efektif untuk merekrut para penulis lepas. Karena biasanya situs forum dan social media memiliki banyak member dan lebih banyak yang baca artikel lowongan penulis dibandingkan dengan blog milik kita sendiri. Sehingga kemungkinan besar yang tertarik dengan peluang tersebut juga banyak nantinya. Namun sejauh ini admin blog cara-ririn.com belum pernah mencoba cara ini.

3. Praktekkan teknik SEO
Jika anda agak lumayan paham teknik SEO, anda bisa menerapkannya dalam merekrut penulis lepas. Anda hanya perlu bikin artikel di halaman/page statis yang berisi informasi tentang lowongan penulis blog. Dan setelah itu, artikel tersebut dioptimasi baik onpage ataupun offpage nya. Sehingga nantinya artikel tersebut bisa muncul di halaman pertama google. Dan perlu kita ketahui bersama bahwa pengunjung/pembaca/orang yang datang dari search engine adalah orang yang benar-benar membutuhkan informasi tersebut, sehingga nantinya akan tertarget artikel anda. Kebetulan admin cara-ririn.com juga sudah berhasil mencoba cara ini.

Itulah sedikit informasi yang bisa admin cara-ririn.com share untuk anda sekalian tentang Tips Mendapatkan Freelance Writer untuk Blog Anda. Mudah-mudahan bisa berguna untuk anda sekalian yang sedang galau karena keterbatasan waktu untuk mengelola blog. Kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya. Salam 🙂

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

5 gagasan untuk “Tips Mendapatkan Freelance Writer untuk Blog Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *