Tips Menambahkan Tag di Postingan Blog WordPress

Bagaimana Cara Membuat Tag Keren di WordPress? Helo semua nya, jumpa lagi dengan admin blog cara-ririn.com nih. Kali ini admin akan share informasi tentang tips tips ngeblog yang admin tahu, yakni tentang bagaimana cara bikin tags yang baik di wordpress. Karena tags ini penting juga lho untuk diperhatikan, karena bisa menjadi sebuah halaman tersendiri di blog.

Dulu ada sahabat blogger yang bertanya. Kalau di blogger/blogspot ada tags nggak? Kebetulan di platform blogging tersebut tidak ada. Yang ada hanya fitur label/kategori saja. Nah, untuk platform wordpress, blog.com, blogdetik, dll selain ada fitur kategori, juga ada fitur tags ini. Sehingga kita bisa mencoba tips yang akan admin share kali ini.

Bikin Tag WordPress SEO Google

Tags, apaan sih? Kalau menurut admin blog cara-ririn.com, tags mirip seperti label/kategori artikel. Namun, untuk tags ini bisa digunakan untuk mengelompokkan topik artikel yang lebih khusus lagi. Dengan adanya fitur tags wordpress ini, pengunjung/pembaca bisa lebih mudah untuk menemukan topik khusus yang dicari nya. Dan satu hal lagi yang menarik adalah, tags ini bisa menjadi sebuah halaman tersendiri lho. Sehingga, saat kita bikin 1 postingan/artikel, maka 1 postingan tersebut bisa menghasilakn banyak halaman, yang meliputi halaman posting, halaman kategori, dan beberapa halaman tags.

Untuk membuat tags wordpress sendiri tidak sulit. Kita hanya perlu bikin artikel baru di wordpress, kemudian kita menuliskan beberapa kata di fitur tags sebelah kanan entri baru wordpress. Namun, untuk membuat tags yang bagus tidak mudah. Kita harus bisa membuatnya dengan tepat, sehingga dihari berikut nya, tags tersebut akan digunakan lagi. Kebanyakan dari kita hanya asal-asalan saat bikin tags. Apalagi kalau yang nulis di blog bersama-sama banyak orang. Sehingga jadi kacau, karena tags nya jadi banyak, tidak teratur, dan jadi berantakan 😀

Berikut ini akan admin share tentang bagaimana cara buat tags wordpress yang bagus dan seo friendly. Yuk mari kita simak ulasanya pada paragraf berikut ini.

Tips Menambahkan Tag di Postingan Blog WordPress

1. Buat tag yang terdiri dari 2 sampai 4 kata saja
Tags yang bagus yakni tidak terlalu pendek hanya 1 kata saja, dan tidak terlalu panjang juga. Sehingga keberadaan tags tersebut bisa digunakan lagi dihari berikutnya manakala kita bikin artikel dengan topik yang sama. Cukup bikin tags yang terdiri dari 2 sampai 4 kata saja.

Sebagai contoh kita bikin artikel dengan topik menulis artikel. Maka judul artikel, kategori, dan tags nya adalah sebagai berikut:

Judul artikel: Tips Menulis Artikel Kreatif Raditya Dika
Kategori Artikel: Writing Tips
Tag artikel: Cara Membuat Artikel, Artikel Kreatif, Raditya Dika

2. Bikin tag yang mengandung kata kunci
Usahakan selalu bikin tag yang mengandung kata kunci. Seperti misalnya “Artikel Kreatif” “Raditya Dika”. Hindari penggunaan tag yang tidak mengandung kata kunci, seperti kata yang “yang” “di” “dan” “dalam” “sehingga” dll

3. Tag harus beda dengan judul artikel dan kategori artikel
Apa gunanya sebuah fitur tag kalau dalam pembuatannya sama persis dengan judul artikel dan kategori artikel. Fitur tag bisa digunakan untuk mengelompokkan topik artikel yang lebih khusus, dan kategori bisa digunakan untuk mengelompokkan topik artikel yang bersifat umum. Alasan lain kenapa penamaan tag tidak boleh sama dengan judul dan kategori artikel adalah karena hal itu bisa membuat duplikat di Google Webmasters Tools. Sehingga kurang begitu bagus untuk seo blog kita, lantaran banyak yang duplikat sama.

4. Tag harus digunakan terus
Sama hal nya seperti penamaan label/kategori artikel, eksistensi tag wordpress juga harus diguankan terus di sebuah artikel kita. Tentu nya diguankan saat kita bikin artikel tentang topik tersebut. Blog cara-ririn.com sendiri menggunakan nama tag lama dalam pembuatan artikel, dan jarang bikin nama tag baru.

Adapaun tag yang populer/sering digunakan di blog cara-ririn.com adalah sebagai berikut:
http://cara-ririn.com/tag/belajar-seo/
http://cara-ririn.com/tag/cara-membuat-blog/
http://cara-ririn.com/tag/cara-mendapatkan-uang/
http://cara-ririn.com/tag/blogger-sukses/
http://cara-ririn.com/tag/cara-membuat-email/
http://cara-ririn.com/tag/google-adsense/
http://cara-ririn.com/tag/tips-menulis-artikel/
http://cara-ririn.com/tag/blog-terbaik/

Itulah sedikit informasi yang bisa admin share untuk anda sekalian tentang Cara Bikin Tag yang Bagus di Blog WordPress. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih banyak sudah baca-baca artikel di blog cara-ririn.com

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

11 gagasan untuk “Tips Menambahkan Tag di Postingan Blog WordPress

  1. jumeri

    trimaksih cara ririn. saya masih baru nyemplung di WordPress nih. Trimaksih karna bisa saya jadikan acuan dalam belajar wordpress . Oke daaah..

    Balas
  2. Ping-balik: 5 Hal yang Paling Ditakuti Blogger Indonesia | Cara Ririn

  3. CHIKO NISSAN

    posting soal tags ini sangat bermanfaat. tags memang sangat penting dalam SEO website. terima kasih. salam hangat, beli NISSAN…TELFON CHIKO

    nissan.web.id

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *