Tips Melakukan Link Building yang Disukai Mbah Google

1. Berkomentar di Blog Orang Lain
Cara yang paling mudah dan tidak mengeluarkan biaya yakni dengan cara berkomentar di blog lain dengan modus untuk memperbanyak jumlah backlink blog kita. Meskipun ini cara yang paling mudah, diharapkan kita tidak terlalu agresif dalam melakukan link building dengan cara ini. Pasalnya, blog bisa saja dianggap spam oleh algoritma Google, sehingga blog kita masuk kedalam Google Sandbox. Atau yang lebih parah lagi blog/web kita dipinalty oleh Google.

Untuk itu, sebaiknya kita cari backlink dengan cara ini secara berkala. Bisa 1 minggu sekali, atau mungkin 2 minggu sekali. Dan itu dilakukan secara terus-menerus. Misal kita rajin banget online dan rajin blogwalking, sebaiknya gunakan profil Google dalam berkomentar agar blog kita bisa aman. Dan khusus 1 minggu sekali pakai Name/Url yang menuju blog kita.

2. Kirim Artikel di Blog Lain
Apabila kita punya banyak waktu, kita bisa mencoba menulis artikel untuk diterbitkan di blog/website orang lain. Bisa di situs Forum, situs Media Warga, ataupun di Blog pribadi yakni menjadi penulis tamu. Biasanya setiap artikel yang kita tulis akan diberi hadiah berupa backlink yang berguna untuk seo.

Ada banyak blogger Indonesia yang menerima penulis tamu. Ini bisa kita manfaatkan untuk berburu backlink gratis dan berkualitas. Tentunya kita juga perlu selektif dalam memilih blog/website tersebut. Diharapkan kualitas blog tersebut harus bagus dalam segi seo nya. Yakni blog yang mempunyai traffic tinggi, punya pagerank, dan punya alexa rank yang ramping, agar artikel yang kita kirimkan tidak sia-sia.

3. Bikin Blog Dummy dari Berbagai Platform
Ada banyak sekali website yang menyediakan layanan blog gratis. Seperti misalnya WordPress.com, Blogger/Blogspot, Blogdetik, Blog.com, Tumblr, dll. Ini bisa kita manfaatkan sebagai blog dummy. What is dummy blog? Adalah sebuah blog/website yang dibuat dengan tujuan untuk membangun backlink dan meningkatkan pagerank blog.

Bagaimana cara bikin dummy blog? Sangat mudah pastinya. Kita hanya perlu bikin blog gratis disalah satu situs diatas, kemudian kita bikin artikel sebanyak 20-50 buah. Dan kita pasang link blog utama kita, setelah itu kita lupakan blog dummy tersebut. Beres kan? 😀

4. Share Link ke Social Media
Situs social media hingga kini cukup berpengaruh terhadap eksistensi blog kita. Artinya sumber kedua traffic blog kita berasal dari jejaring sosial. Asalkan jumlah follower/liker akun sosial media mencapai ribuan.

Untuk mendapatkan backlink dari social media, kita perlu rajin-rajin share link ke ke media sosial. Jadi, setelah kita update blog (baru bikin artikel di blog) kita bisa langsung membagikannya di situs sosial media untuk menjaring traffic dari sana.

Setiap link yang di share ke social media, akan menjadi backlink yang bagus dan berkualitas, dan itu gratis lho. Jadi, cocok banget untuk anda yang suka berburu backlink tanpa mengeluarkan biaya.

5. Backlink Natural yang Dibuat oleh Blogger Lain
Sebenarnya backlink yang berkualitas dan bagus adalah backlink yang natural yang dibuat oleh blogger lain, selain 4 point yang telah dikemukakan diatas. Sayangnya sangat sedikit orang lain yang dengan suka rela untuk memberikan backlink untuk blog/website kita.

Jadi, misalkan ada blogger lain yang copas artikel / postingan dari blog kita, kita perlu bersyukur, karena biasanya mereka (para copaser) mencantumkan sumber link dalam artikel yang menuju blog kita. Dan ini merupakan backlink yang berkualitas dan natural, sehingga berguna untuk seo. Namun, tidak sedikit juga para copaser yang tidak bersedia untuk mencantumkan sumber link, sehingga hal ini cukup disayangkan karena mereka tidak memberikan apresiasi atas jerih payah penulis aslinya.

Itulah sedikit informasi yang bisa admin cara-ririn.com share untuk anda sekalian tentang Tips Melakukan Link Building yang Disukai Mbah Google. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan terimakasih banyak atas atensinya. Mohon maaf bila dalam penulisan artikel ini terdapat kesalahan dalam substansi ataupun tata tulis.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

19 gagasan untuk “Tips Melakukan Link Building yang Disukai Mbah Google

  1. aldinosya

    betul mba wep..!, web Anda termasuk beklink saya..!,

    maap nih mba nda sempat ke kamar sebelah mau ujan..! 🙂
    sukses salu buat anda..!

    (Pasti petromaks..yaaa lumayan buat cari kodok ntr malam)

    Balas
  2. afrid fransisco

    kalau saya ngga pernah nyari backlink mba, 1 kali pun ngga pernah. wah hebat banget ya mba ririn bisa punya 33.000 link. itukan banyak banget. hem.., berarti saya mesti sering sering blogwalking dan berkomentar nih dan juga nyari link berkualitas.

    makasih sarannya ya mba ririn

    Balas
  3. Marnes Kliker

    Udah lama kayaknya gak mampir disini, gimana kabarnya mbak? Alhamdulillah baik mas….
    Alhamdulillah saya juga baik-baik aja hehehe….

    Makin keisini blognya mbak Ririn makin mantep aja nie traffic blognya, keren banget mbak
    musti banyak belajar nie dari mbak Ririn 🙂

    Salam

    Balas
  4. Ping-balik: Ini Lho Blog AdSense Milik Eka Lesmana | Cara Ririn

  5. Ping-balik: 5 Hal yang Paling Ditakuti Blogger Indonesia | Cara Ririn

  6. enes suryadi

    Ini juga artikel tutorial yang sangat berharga dan bermanfaat bagi saya sebagai seorang blogger pemula dan awam. Terima kasih banyak ya, Mbak Ririn. Berkah selalu untuk Anda, Mbak…

    Balas
  7. Syahrul

    Saya sedang galau ini mbak, blog sepi nyaris tidak ada pengintipnya. kayak mau nyerah rasanya. kadang saya risau saat melihat blog yang duduk di #1 SERP dengan index blog tersebut tak lebih dari 8 biji bisa mengalahkan blog dengan index ribuan memakai titel post yang sama persis. Apa mungkin faktor kemenangan blog yang sedikit index tersebut karena faktor BL dan keyword densiti yang tepat? Galaau abis ini mbak.

    Balas
  8. catatanernest

    wah gitu to rahasia dari blog cara-ririn.com pantesan banyak mengunjung nya… jadi iri liat iklannya betabur begini….
    untuk dummy ada batasan akun yang kita buat gak mbak ririn?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *