Tips Melakukan Blogwalking untuk Blogger Pemula

Cara Ririn – Blogwalking adalah sebuah aktivitas yang tidak dapat dipisahkan oleh para blogger (admin blog). Aktivitas ini biasanya dilakukan dengan cara saling berkunjung dan berkomentar di blog masing-masing. Karena seperti kita tahu bahwa blogger, wordpress, dll merupakan media untuk berbagi dan berinteraksi satu sama lain. Dari segi kegunaan nya hampir mirip dengan situs social media, tapi untuk blogger lebih bersifat terbuka.

Bagi seorang pemula blogging, tentu banyak hal yang belum kita tahu ketika kita kali pertama membuat blog (Baca: Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot Sendiri). Kita bingung ingin menulis apa? Kita bingung ingin desain blog seperti apa? Kita tidak tahu cara meningkatkan traffic blog? Dan lain sebagainya. Setidaknya 3 pertanyaan itulah yang saya rasakan waktu pertama kali ngeblog.

Tips Melakukan BlogwalkingNah, ketika kita berkunjung di blog lain via search engine, pasti kita menemukan blog-blog yang bagus dan bahkan mempunyai ratusan komentar. Pasti kita ingin sekali blog kita mendapatkan komentar sebanyak itu. Iya nggak? hehe 😀

Sebagai pemula blogging, sebaiknya kita tidak melulu fokus pada tampilan blog saja. Akan tetapi silahkan kita fokuskan diri pada belajar menulis dan belajar menjalin relasi / persahabatan antar sesama blogger (Baca: Pentingnya Relasi di Dunia Blogging). Dari situ, maka ngeblog akan terasa indah dan pada akhirnya akan menimbulkan keseriusan kita terhadap blogging.

Nah, agar tidak terlalu kepanjangan introduksinya, mari kita intip Tips Melakukan Blogwalking untuk Blogger Pemula. Silahkan klik halaman berikut nya untuk membaca lebih lanjut 🙂

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

279 gagasan untuk “Tips Melakukan Blogwalking untuk Blogger Pemula

  1. baho-punya

    ini nih yang tips yang cocok sekali buat saya, 🙂 terkadang saya sering lupa untuk membuka profil komentator lain yang berkomentar di blog / wordpress, thank u mbak 😀

    Balas
  2. Jery yanuarlan

    ini juga yang dari dulu saya praktekkan di blog cara ririn ini hehe…saya suka buka link para komentatornya satu2 n ajak saling follow walau ada yang menyambut dan ada juga yang tidak 😀
    dan akhirnya teman blog saya bertambah banyak drai blog cara ririn ini 😀

    Balas
  3. Euisry

    Saya baru menerapkan blogwalkig blm lama. Memang lumayan jadi ada visitor & komentator. Sebelumnya gak pernah blogwalking, ya sepi2 aja blognya 😀

    Balas
  4. kiki

    iya mbk bner.. dulu saya sebagai pemula juga bingung mau gmana caranya ngundang biar banyak orang melihat blog saya yang acak adul. ini mantab buat junior blogging 😀

    Balas
    1. Ririn

      sikap individu yang satu dengan yang lain memang tidak sama mas. Ada yang pengertian, dan ada yang tidak sama sekali 🙂

      Balas
  5. jenx indah

    Tapi ada juga yang tidak suka blogwalking dan memilih ngeblog sendiri dan juga mungkin saja itu rileks bagi adminnya..ada juga yang komentarnya di tutup masing2 orang ya mbak..kalau saya sih suka yang rame

    Balas
  6. mas inun

    wiiiih sip gan
    ini yang saya tunggu

    sya request tentang blogger dong
    robot.txt itu PERLU DI AKTIFKAN gak yaaa 😀

    Balas
  7. Oyo Sukarya

    saya coba tips mbak ternyata ampuh juga, yang tadinya blog sepi komentar, Alhamdulillah mulai ramai tiap hari baik sahabat lama maupun sahabat baru, betul Mbak kalau komentar belum dijawab jangan berkecil hati, bershabar dan tetap berkunjung untuk menjalin Silaturrahmi, Saling Follow ampuh untuk update postingan terbaru

    Balas
  8. dede

    bener juga mbak Ririn,kalau kita nggak pernah BW dan komentar di blog orang lain,mana mungkin mereka akan mengenal blog kita,apalgi bloger pemula seperti yang ditulis diatas tadi yah hehehe

    Balas
  9. Muhammad Lutfi Hakim

    Dulu waktu pertama kali saya bikin blog juga begitu, Mbak. Enggak tahu mau diisi apa. Bahkan sempat vakum dan terbengkalai beberapa tahun. Akhirnya setelah menjalin relasi dengan banyak narablog, saya jadi bersemangat lagi dan menemukan banyak ide.

    Balas
  10. aldinosya

    mw nanya nih mba Rin..! klo berkomeentr di kamar 2 ap komen di kamar 1 jg muncul y…hahahahaha…

    klo ane sih…blog walking bisa sampai puluhan mil jika awal bulan aj.. hehehe, salut jg…atas penjelasannya…sangat mendalam sampe make perasaan/perhatiannya bg nwbie (Saya yakin tidak semua para blogger yang blog nya sudah anda beri komentar, itu mau dan bersedia comment back. Mungkin hanya 20% yang bersedia berkomentar dan follow balik. Anda diharapkan tidak berkecil hati, karena karakter masing-masing orang tidak sama.). tadinya saat baca bagian ini,,mulut ane menganga sampe2 nyamuk pada masuk ad 3 ekor..hehehe ..

    wadduh..code caca handikanya susah jg.. mesti make kolkulator, koment terpental..

    Balas
  11. Rizkyzone.com

    kalau bisa sih jangan yang pemula sahaja mb’, tapi yang sudah senior juga tetap harus blogwalking, ngasih contoh para junior hehehhe, kalau saya dalam blogwalking mengusahakan untuk gak junk comment saya usahakan untuk komentar sesuai topik yabng di bahas, karena dari komentar juga bisa memancing visitor lain dari blog yang di kunjungi untuk berkunjung. karena penasran siapa dibalik pengomentator tersebut, beda lagi kalau komentarnya junk comment, penasaran saja kagak, soalnya sudah jelas komentarnya seperti apa, jadi nggak berminat buat berkunjung.

    Balas
  12. Bahrul

    Wach….artikelnya jadi nambah wawasan untuk kami mbak, sebagai blogger pemula. Terima kasih yach….bila Mbak ada kesempatan silahkan mengunjungi blog kami, bila tidak punya kesempatan yach tolong di sempat sempatkan yach……hehehe, bahrul22ulum blogspot

    Balas
  13. Bahrul

    Wach…artikelnya jadi menambah wawasan buat kami blogger pemula.terima kasih y mbak…bila mbak ada ksempatan silahkan mengunjungi mampir ke blog kami di bahrul22ulum blogspot bila mbak belum ada kesempatan ya mohon di sempa sempatkan.hehehe

    Balas
    1. Ririn

      banyak juga nggak apa-apa. Yang penting pakai profil blogger. Kalau pakai open id dan name/url memang sangat berbahaya apabila terlalu banyak dalam sehari saat berkomentar 🙂

      Balas
  14. Ping-balik: Mengapa Belajar SEO itu Penting? | Cara Ririn

  15. In

    O, ternyata seperti ini to cara efektif blogwalking yang mbak lakukan. Pantas saja saya sering melihat komentar-komentar mbak melalang di puluhan artikel orang. Bahkan ada yang berkata kalau komentar mbak itu bisa dijadikan 1 artikel postingan karena panjangnya. Terimakasih!

    Balas
  16. Indra Kertati

    Blogwalking ini PR penting yang harus dikerjain ya.
    Rin, aku pernah baca untuk di isian nama bagusnya ditulis keyword dari website kita.
    Bagusnya gimana? Diisi dengan nama kita atau keyword?
    Lalu dibilang kalau blogwalking, kita jadi dapat backlink. Otomatis? Atau harus dikomentar balik lalu baru dapat backlink.

    Makasih ya, Rin.

    Balas
    1. Ririn

      Kalau berkomentar di blog lain, itu bagus nya pakai Name/Url untuk mendapatkan backlink. Nah, silahkan diisi dengan Nama Anda saja, jangan pakai Nama BLog/web karena sekarang anchor text sepertinya nggak begitu diperhatikan oleh Google 🙂

      Balas
  17. Situ

    Blogwalking adalah kegiatan yang bagus untuk blogger. Yuk Submit artikel kalian di Sosbok / Sosial bookmark indonesia untuk mendapatkan Backlink dan Visitor yang banyak.

    Balas
  18. LYNDA

    Artikelnya bagus mb, saya juga baru membuat blog. Mudah mudahan bisa bermanfaat dan banyak pengunjung seperti blognya mbk Ririn

    Balas
  19. Idris

    saya juga lgi bru nyoba ni, blogwalking. siapa tw bawa manfaat nmbah temen, nmbah trafik jg,heheh…knjungan balik sist,,,

    Balas
  20. Ambya N

    waah saya setuju sekali sist,, nagh untuk melengkapi artikel keren di atas saya ingin sedikit menambahkan sesuatu yaitu,,Cara Membuat Link Anchor Text Pada Kolom Komentar Blog, monggo gan di kunyah,, terimakasih..

    Balas
  21. Fastikurir

    Terima kasih infonya mba Ririn. Saat ini memang banyak pengusaha-pengusaha online, salah satunya lewat blogger.
    Bagi pengusaha online yang butuh jasa kurir motor di Jadetabek bisa hubungi kami.
    Kunjungi kami ya. Salam sukses untuk mba Ririn dan semuanya.

    Balas
  22. Ibrahim Lubis

    Blogwalking merupakan hal yang tidak bisa kita lupakan ya sob, sebab selain mendulang trafik, ternyata blogwalking termasuk strategi tepat untuk mendapatkan banyak pengunjung dan teman 😀

    Balas
  23. Hyuseandrome

    Blogwalking jangan sampai nyepam, seperti tulisan ‘nice info, nice tips dll’ secara berulang-ulang juga, bukannya membaca dan mencermati itu lebih baik sebelum berkomentar? Hehehe :))

    Btw, disini rame banget yaa yang komentar, jadi ngiri nih :))

    Balas
  24. Ping-balik: Tips Memasang Iklan di Blog Website Orang Lain | Cara Ririn

  25. Ping-balik: 18+ Daftar Blogger Indonesia yang Rajin Blogwalking | Cara Ririn

  26. sagus

    thank gan artikelnya sangat bermanfaat,
    ane baru tw
    ane bloger pemula hehehe
    udah ada software & tips ,trik lainnya 😀
    kunjung balik ya gan s4gus.blogspot.com
    Mohon Kunjungannya
    Game lengkap Juga..

    Balas
  27. hasraf

    Penjelasannya bagus dan detail menyertakan berbagai sumber yang terpercaya

    Info untuk menghasilkan uang (memonetize) dari blog, website dan bisnis online bisa belajar dengan mengklik link di bawah ini

    asianbrain.com/letter.html/903484

    Balas
  28. M.Wildan

    Thanks Infonya . Sangat membantu untuk saya yang baru belajar blogging .
    Sukses terus ya …
    Kunjungi Blog personal devil-kazuya.blogspot.com

    Balas
  29. Ping-balik: Apa Sih Manfaat dan Keuntungan dari Blogwalking? | Cara Ririn

  30. Aditya Febriyansyah

    Salam kenal mbak ririn 🙂
    Saya seorang blogger yang sempat putus asa namun sekarang alhamdulillah diberi lagi ilham buat blogging kembali. Hehe
    Nice article mba, karena sebenarnya itulah hakikat menjadi seorang blogger. Sharing valuable content – Caring to others blogger – And loving it meaningfully 🙂

    Balas
  31. yoseples

    Mantap surantap… dengan banyak membaca tambah ilmu, dengan blogwalking tambah teman. Apalagi baca artikel ini gan,

    Mampir juga ke Blog ane yang msih berantakan…
    maklum newbie…

    Salam Blogger

    Balas
  32. asfa blog

    dulu saya aktif blogwalking seiring waktu mulai menurun sampai pada akhirnya benar benar off,tapi mulai beberapa akhir ini mulai sadar blogwalking penting buat saya heheheh

    Balas
  33. moibur rahman

    bener banget mba ririn, trik yang mba tulis diatas bisa jadi panutan buat saya dan yg lainnya, karna dengan trik diatas kita bisa menjalin hubungan antar blogger, sehingga terciptalah kehangatan didalamnya. thank banget mba ririn

    Balas
  34. Zihan

    Sepertinya, ini lah contoh yang sudah berhasil menerapkan blogwalking…hehehe..
    Rumah lagi sepi nih, mampir juga ya..
    bisnissehati.tk/2015/02/mitos-dan-fakta-hiv.html

    Balas
  35. Faizin

    Tidak terbayangkan sebelumnya dengan teknik-teknik yang smart seperti ini. Sebelumnya asal aja komen, tidak peduli, apakah blog itu update dan adminya baik. Hajar semua!!! Sekarang jadi pilih-pilih biar kerja kerasnya gak jadi sia-sia. Tks banyak ya.

    Balas
  36. LINAR

    seefektif apa blogwalking dalam meningkatkan trafik ya sis?masih banyak yang bikin bingung di dunia bloging. maklum, baru belajar nge blog. jalan jalan ke blog saya sis, siapa tau bisa kasih masukan ke saya, trims. salam blogwalking. wootekh-sulawesi.blogspot.com

    Balas
  37. heru

    terimakasih postingannya, dulu saya sering blogwalking dengan mudah karena biasanya blog yang saya kunjungi punya buku tamu, tapi sekarang kok jarang ya yang pakai ya?

    Balas
  38. Aftu

    Saya masih sedikit kesulitan cari blog yang temanya sama dengan blog saya. Apakah jika saya berkunjung ke blog lain yang temanya beda dengan blog saya itu termasuk blogwalking?

    Balas
  39. ICA

    Berkunjung ke blog sahabat alias blogwalking berharap dapat kunjungan balik yang nota bene kata SEO cara mendapatkan untuk bog. kalau ada kesempatan mampir gan terima kasih

    Balas
  40. sidoe

    Blogwalking memang sangat bermanfaat untuk membangun jaringan selain itu bisa menjadi sarana silaturahmi salam kenal gan 🙂 dari blogger newbie

    Balas
  41. masgiri

    pas banget nih mak ririn, posting tentang blogwalking yang komentar banyak bener,
    menurut mbk ririn kalo komentar di blog luar bagus gak yah, padahal artikel kita berbahasa dan bertanahair indonesia?? 🙂

    Balas
  42. Babejo

    terus terang saya pemula sekali dalam dunia blogging, artikel ini, benar sekali menjalin relasi adalah salah satu hal yang sangat penting, maka dari itu izinkan Nubis mampir di blog agan, salam kenal semuanya..

    Balas
  43. jasasipl

    blog walking memang sangat bermanfaat. saya sudah beberapa kali blog walking dan mendapatkan back link yang lumayan. Tips di atas semakin memotivasi saya untuk saling menjalin relasi dengan blogger lainnya. Terimakasih admin.

    Balas
  44. Nanda

    terimakasih sis, artikelnya sangat membantu saya yang masih pemula, langsung diterapkan dan semoga hasilnya bagus 🙂
    tapi saya masih bingung kalau ada blog yg bagus tapi tidak menyediakan kolom komentar itu gimana yaa? hehe

    Balas
  45. wahyu siregar

    wahh mantap mas. saya ini pemula . kadang salah dalam melakukan blogwalking. sering di anggap spamming . tapi karena tips yang mas berikan sekarang saya jadi mengerti . terima kasih banyak mas 🙂

    Balas
  46. Nazmi Laura F

    Thx. Kalo ada waktu monggo siapa aja boleh mampir. Ditunggu jejak & komennya 😀 kita blogwalking bareng.. (nazmilaura.blogspot.com)

    Balas
  47. rifqi dahwan aziz

    “sebaiknya kita tidak melulu fokus pada tampilan blog saja.”
    bener memang, saya terlaku fokus masalah tampilan, padahal relasi sangat penting

    mkasih infonya, bisa jdi pelajaran buat saya 🙂

    Balas
  48. Jildhuz

    Saya sendiri sudah mulai blogwalking mah, banyak sekali blogger blogger di luar sana yg infonya mulai di sebar, dan info itu sangat penting

    Ane sendiri ngerasa blog walking effeknya beneran ada. Apa lagi blog ane tipe blog yg emang di baca demi lucu lucuan (melawan bisnis mlm tepu tepu), banyak foto bikin ngakak, dll,

    Ngoahahahah

    Makasih yah infonya, makin tertarik buat blogwalking ane nih

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *