Tips Dasar Membangun (Konten) Blog

Tips Dasar Membangun (Konten) Blog – Motivasi orang berbeda-beda dalam ngeblog. Ada yang hobi menulis dan ada yang ditujukan untuk mendapatkan keuntungan atau uang. Mendapatkan dollar dengan bermodalkan blog bisa dilakukan oleh semua orang asalkan orang itu mau berusaha, sabar dan pantang menyerah. Tidak ada cara yang instant untuk mendapatkan dollar lewat blog. Diperlukan fokus, waktu dan kesabaran serta terus belajar untuk dapat menghasilkan dollar. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan dollar dari blog, orang tersebut terlebih dulu harus mampu membangun sebuah blog yang ramai pengunjungnya.

Berikut langkah-langkah membangun blog.
Langkah pertama, membangun blog, anda harus mempunyai blog. Untuk memiliki blog sangat mudah dan gratis. Cukup daftar di www.blogger.com. Para blogger yang telah berpengalaman telah menyadari bahwa ngeblog itu sangat menguntungkan. Mereka dapat ratusan hingga puluhan ribuan dollar dari hanya ngeblog. Potensi pendapatan dari ngeblog sangat besar. Apalagi ngeblog bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, ketika anda bepergian, di waktu istirahat, anda menulis sesuai minat anda, tidak perlu ekstra kehadiran anda. Begitu besarnya potensi pendapatan dari blog yang hanya bersenang-senang dengan menulis diblog.

Tips Dasar Membangun (Konten) BlogMembuat blog ada dua macam. Pertama, yang berbayar. Ke -dua, yang gratisan. Tetapi untuk pemula lebih baik blog yang gratisan dulu. Daftar saja di www.blogger.com atau www.wordpress.com. Akan tetapi, menurut pengalaman lebih baik bahkan disarankan menggunakan www.wordpress.com, karena lebih lengkap fitur dan kustomisasi serta selalu berkembang dan website tangguh. Juga di wordpress, anda dapat mengatur link sidebar jadi efektif dan efisien. Adapun kelebihan blogger adalah mudah terindexs oleh goggle karena blogger anak perusahaan dari goggle. Hal itu membuat kelebihan dan kekurangan dimiliki dua website gratisan tersebut. Selanjutnya terserah anda, untuk memilih blogger atau wordpress.

Setelah memilih salah satu dari website gratis itu, kemudian daftar, lalu mulailah untuk membuat blog. Kemudian memposting tulisan pertama anda. Selanjutnya melakukan beberapa perubahan pada tampilan atau template sesuai yang diinginkan. Isi atau tema posting terserah anda, tidak ada ketentuan, tulislah apa yang anda minati. Asalkan sesuai atau berhubungan dengan nama situs anda. Akan tetapi, karena blog harus menguntungkan maka contennya dan cara menulis harus menarik minat pengunjung. Perbedaan antara blog menguntungkan dan tidak terletak pada konten dan bagaimana caranya ditulis.

Pengunjung blog adalah orang yang mencari informasi segar dan menyegarkan serta informasi itu uptodate serta dapat dipraktekan sendiri dengan menggunakan bahasa yang santai, ringan bahkan menghibur dan ada lucu atau humor dan enak dibaca serta mudah dimengerti. Mereka ingin mendapatkan informasi yang mudah untuk dipraktekkan. Sekarang posisikanlah anda sebagai pengunjung blog, apa yang anda cari? Apa yang anda baca? Dan apa yang anda inginkan? Kenapa anda berlama-lama di situs itu? Begitulah orang lain menginginkan seperti yang anda inginkan. Informasi segar menyegarkan yang bermanfaat dan mudah dipraktekan sendiri dengan bahasa santai atau menghibur. Pendek kata, untuk menarik pengunjung blog yang penting adalah konten.

Poin kunci lainnya tentang konten adalah jangan menganggap pengunjung blog sebagai kerumunan massa sehingga anda menulis konten seperti sebuah naskah pidato. Hal itu keliru karena akan membosankan pengunjung dimana itu ditujukan untuk umum. Untuk membuat konten menarik maka konten itu harus bersifat personal. Maka tulislah konten seperti percakapan antara dua orang, anda bercakap cakap dengan sahabat satu orang. Itu akan membuat pembaca merasa anda adalah teman sebayanya dan bukan sedikit tinggi derajatnya atau tidak mengguruinya. Itu akan lebih personal dan menarik. Sisi personalitas inilah yang perlu dijaga karena itu menjadi brandname. Yang membuat perbedaan blog anda dengan orang lain adalah personalitas. Jadi bangunlah brandname atau personalitas bagus diblog. Seperti membayangkan makanan cepat saji maka orang akan teringat Mc Donald, dan lain-lain. Itu yang membuat perbedaan anda dan orang lain. Pertanyaan sekarang, bagaimana brandname atau personalitas situs anda??? Sudah bagus tidak?

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

13 gagasan untuk “Tips Dasar Membangun (Konten) Blog

  1. Indra Kusuma Sejati

    Tidak ada yang mudah dalam hal dunia blog untuk mendapatkan hasil dolar. Karena daar membangun sebuah konten blog tidak terlepas dari sebuah kreatifitas yang selalu berinovasi ya mba, dan bial sudah ketemua dengan nichienya maka akan nikmat seperti mba Ririn ini. 😀

    Salam wisata

    Balas
  2. hayardin

    Selamat Siang Mba Ririn, Kalau saya Pribadi dulu membuat Blog karena ingin mendapatkan uang dari Blog tapi lama kelamaan saya menikmati dunia blogging dan akhirnya saya ngeblog karena sudah menjadi hobby dalam menulis.

    Balas
  3. Mang Yono

    betul sekali mbak master, blog sangat menguntungkan, awalnya cuma untuk diary eh akhir ini saya memburu dollar, lumayan dah kebeli motor Honda Bitz ijo heheh

    Balas
  4. george pisan

    menarik dan sangat bermanfaat sekali mbak… menulis artikel buatan sendiri lebih mengasyikan dan ada kebanggaan tersendiri siapa tau jadi penulis terkenal hehe (ngarep)

    Balas
  5. Ping-balik: Apa itu On Page Search Engine Optimization? | Cara Ririn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *