Tips Dan Kiat Merencanakan Sebuah Blog

Tips Dan Kiat Merencanakan Sebuah Blog – Sampai saat ini blog masih menjadi hal yang fenomenal. Bagaimana tidak, banyak orang terkenal melalui penulisan di blog. Dan banyak orang berpenghasilan lumayan besar berasal dari ngeblog. Pendek kata, blog merupakan salah satu sarana untuk menjadi terkenal dan berpengaruh di dunia online dan offline, tentu selain sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Diantara orang yang berhasil menghasilkan uang lumayan besar dari hasil ngeblog antara lain Asri Tadda, Herman Yudiono, Eka Lesmana, Yosef Asri, Agus Ramadhani dan lainnya.

Untuk membuat sebuah blog sangat mudah dilakukan. Bisa membuatnya secara gratisan seperti membuat blog di wordpress ataupun blogspot. Adapun jika ingin tampil profesional dan lebih baik bisa menyewa domain dan hosting serta menggunakan jasa pembuatan web.Hanya memerlukan beberapa menit blog sudah jadi. Banyak orang yang sudah tahu cara membuat blog. Tapi dalam merencanakan sebuah blog yang baik dan benar, sedikit saja mereka yang tahu.
manfaat blog
Salah satu kendala yang dihadapi dalam dunia blog adalah fenomena blog gratisan. Mental gratisan. Karena blog yang terkenal adalah blog yang profesional. Adapun blog gratisan biasanya merupakan langkah awal sebelum menuju blog profesional. Namun jika anda ingin yang terbaik maka pilihlah blog yang profesional secara langsung.

Berikut ini tips dan kiat merencanakan sebuah blog:

1. Mengumpulkan informasi. Blog yang hendak dibuat berkenaan dengan apa? Banyak topik yang bisa dipilih seperti pendidikan, kuliner, teknologi, agama, budaya, bahasa, kesehatan, politik, berita, wisata, busana dan lain lain. Anda pun bisa membuat blog gado-gado atau campuran berbagai macam tema dalam satu blog. Namun yang perlu diingat, menentukan tema blog harus yang benar benar kita kuasai. Karena jika seseorang malas ngeblog sehingga blognya tidak terurus biasanya karena orang itu tidak menguasai tema blognya dan tidak menyukainya. Kita harus memilih tema yang kita kuasai karena kita menawarkan kepada pembaca kualitas tulisan kita. Dengan memilih tema blog yang kita kuasai dan sukai berarti mempermudah kita dalam membuat tulisan-tulisan di blog dengan kualitas yang sangat bagus.

2. Menentukan tujuan. Setelah menentukan topik atau tema, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan dari pembuatan blog bertema tersebut. Tujuan pembuatan blog itu bisa bermacam macam seperti meningkatkan personal brand, menghasilkan uang, dan lain lain.
Sebelumnya, saya membuat banyak blog dengan berbagai macam tema seperti sastra, pengembangan diri, dan bisnis internet. Namun dari semua tema tersebut, tidak benar benar saya kuasai sehingga sulit untuk menulis kontennya. Hanya kuat menulis konten blog beberapa hari. Tujuan pembuatan blog saat itu untuk mendapatkan penghasilan. Ternyata, mendapatkan uang melalui blog memerlukan waktu dan proses. Akhirnya, saya vakum hingga bertahun-tahun. Dari pengalaman itu, perlu adanya tujuan jangka panjang dalam membuat blog dengan tema yang dikuasai dan diminati.

3. Menentukan target pembaca atau pengunjung blog anda. Mengelola sebuah blog profesional bukan hanya menulis konten, tapi meliputi menentukan target pembaca blog. Seperti umur mereka, apa masalah mereka dll.

4. Mengetahui kompetitor. Blog bertema apapun pasti ada kompetitor. Misalnya anda membuat blog bertemakan peluang usaha. Maka akan banyak blog yang membahas tema seputar peluang usaha. Blog-blog tersebut berlomba lomba mencari perhatian pengunjung internet. Pendek kata, jika anda ingin memiliki blog yang profesional yang berpenghasilan ke depannya mesti memperhatikan kompetitor anda. Carilah kekurangan-kekurangan dari blog kompetitor, lalu ubahlah menjadi kelebihan blog anda.

Demikianlah tips dan kiat merencanakan sebuah blog. Mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat blog cara ririn sebelum memutuskan membuat sebuah blog. Selamat ngeblog! Semoga sukses!

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

8 gagasan untuk “Tips Dan Kiat Merencanakan Sebuah Blog

  1. Ian Konjo

    Kalau saya bikin blog untuk nyalurin kegemaran nulis-nulis mbak. Hehe. Sekalian berbagi pengalaman dengan orang-orang.
    Pengen jg sih nyari2 duit tapi masih bingung cara2nya….

    Balas
  2. Ranra

    Untuk konsisten pada satu tema bener-bener menyulitkan..setidaknya untuk mengatasi semua itu kita butuh blog cadangan …satu konsisten dengan tema tersebut satunya lagi buat menyalurkan ide-ide yang muncul di luar jalur . . .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *