Sekilas Tentang Pingback dan Trackback di WordPress

Cara Ririn – Bagi blogger lama mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah pingback dan trackback. Namun, bagi pemula blogging, terutama yang baru belajar wordpress, pasti akan merasa kebingungan ketika menjumpai istilah tersebut. Setidaknya ini yang saya alami ketika kali pertama membuat dan mengelola blog wordpress selfhosted ini.

Rasa penasaran dan berbagai pertanyaan timbul ketika melihat setiap kali menerbitkan posting baru yang di dalam nya ada internal link, seketika itu pula ada pingback di kolom komentar yang di link-kan. Apakah ini spammer ataukah apa? hehe 😀 Baca artikel yang relevan Cara Membuat Pesan Komentar di Blogspot.

Namun, setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata memang di WordPress sudah secara otomatis sudah ada layanan service pingback dan trackback. Adalah layanan pingomatic nama layanannya yang beralamatkan di url ini http://rpc.pingomatic.com/. Dan menurut beberapa sumber konon katanya bisa berguna untuk SEO lho. Hmmmm 🙂 Jangan lupa baca juga Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools.

Apa itu Pingback?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pingback ini merupakan fasilitas yang disediakan oleh wordpress untuk update service. Nantinya, apabila kita menyisipkan link halaman lain dalam satu halaman blog, maka link tersebut juga akan berada di halaman posting yang lain. Itu dilakukan secara otomatis. Pingback ini hanya berlaku dalam satu blog saja. Contohnya seperti screenshot berikut ini.

Sekilas Tentang PingBack dan TrackBack di WordPress 2Trackback itu Apaan?

Adalah link dari halaman blog lain yang menyisipkan link blog kita ke dalam halaman blog mereka. Jadi, jika saya me-link posting halaman blog anda, dan kebetulan saya menggunakan layanan pingomatic, maka secara otomatis link halaman saya akan berada di halaman posting blog anda. Tapi link nya berada di kolom komentar. Berikut adalah contoh trackback yang berasal dari blog orang lain. Tapi sudah saya hapus wkwkwk 😀

Sekilas Tentang PingBack dan TrackBack di WordPress 1

Untuk mengetahui dampak positif dan negatif nya, serta cara menonaktifkan pingback dan trackback, anda bisa baca pada halaman berikutnya.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

91 gagasan untuk “Sekilas Tentang Pingback dan Trackback di WordPress

  1. jenx indah

    O jadi ini ya mbak..saya pernah komen di blog orang dan otomatis memang ada judul artikel dari blog saya dan itu saya hapus takut dikira spam e malahan saya tidak bisa masuk komen mungkinkah yang punya nlog maukan yang komentar meninggalkan jejak seperti openID ya mbak…???

    Balas
  2. comtel cell

    biarpun bukan pengguna wordpres, paling tidak ini menjadi informasi yang penting jika suatu saat nanti saya menggunakan wordpress, thx sharingnya yia bos, hehehe…

    Balas
  3. Rizkyzone.com

    dulu blog saya pernah ada mb’ trackback dan pingback, tapi sekarang saya hapus karena menurut saya bukannya tak bagus cuma saja mengganggu pandangan tak sedap la dipandang

    Balas
  4. aldinosya

    spesial wordprss…blogspt…gak bekutik,,,jdinya,,,manguk2 aj….sambil benerin celana yg kedodoran…heheheh… bermanfaat buat yg ngerti,,klo ane sih…sip2 aj..yg penting gak ganggu antrean,…hwheheheh…oiyya, mksi ats kiriman sarannya…ane dah bungkus rapat…tak kasi pita warna pink…dplester lg pake lakban warna biru …sekaligus ditambahin gambar pussy yg lg…nenen susu..eit…tggu dulu,…sekadar tambahn.. pesanan yg kemarin blom tiba mba Rin..!,,,jdnya gak usah aj ya…?…(KOMENTAR ASAL : on)

    Balas
  5. Mang Yono

    ternyata pingback itu begitu ya mbak master, saya baru tahu loh, maklum belum pernah punya wordpress.

    terimakasih ya nanti saya praktekan deh kalau sudah punya wordpress

    Balas
  6. ja

    Ooo ternyata begono yah, kiraiin apaan 😀
    Maklum saya ngga pake wordpress alias manual coding..
    kerenya juga kalo dibuat API anya yah jadi semua web bukan hanya wordpress dapat terkoneksi..

    Balas
    1. Ririn

      sebaiknya dihapus saja mas trackback dari website yang nggak jelas, soalnya kadang itu berasal dari Spammer 🙂

      Balas
  7. Devilzart

    malam mbak ririn, kebetulan saya buat komentar ini malam2 sih. 😀
    saya ada contoh backlink trackback dari blogspot, saya juga bingung kenapa ini orang bisa naruh comment backlink di blog ini

    mblog.lib.umich.edu/limitedforkart/archives/2008/10/for_now_a_place.html

    nih blog yang di berikan backlink

    seotoolsoft.blogspot.com

    nah tuh bagaimna bisa begitu mbak? 😀

    Balas
  8. gendruk

    wkwkw, baru tau saya..
    kemarin saat buat artikel ane nautkan link post yang lain, setelah itu mncul pingback. ane bingung, lagsung tak hapus aja tu pigback.

    Balas
  9. Altavesia dotcom

    bersyukur mbak rin. kami pake wp.dulu pake blogspot berat nariknya pake drupal angel banget settingnya. balik pake wp nyaman dan enteng. cuman mirisnya sering kena hack.kami seneng kunjung ke situs mbak cuma terlalu banyak iklan judinya.ganggu.kalau pingback dan tracback bisa pengaruhi SEO cuman kadang dianggap spam sama kawan-kawan.terimakasih mbak rin.wasalam MYB-961 admin, altavesia.com team

    Balas
  10. Jojok-OriginalParfum

    pingback berarti bagus untuk SEO, tetapi apa ada pengaruh di loading web ? utk trackback apakah jika ada yg naruh URL kita di webnya dan otomatis web tersebut muncul di web kita (kan termasuk backlink kita juga) apakah sebaiknya dihapus? terkait dengan loading web kita tersebut. terima kasih jawabannya.

    Balas
  11. Villa Taman Lembang

    saya pengguna wordpress denger dari orang pingback berbahaya bagi wordpress apa benar ? yang mana yang benar menguntungkan atau merugikan ?
    sekalian iklan kunjungi website saya villatamanlembang.com

    Balas
  12. Suzuki Akbar

    Sedangkan Dampak Negatif dari Pingback apa Mbak ?
    Kalau dampak negatif dari Trackback mungkin sebagian berasal dari Spammer.
    Terima kasih jika bersedia menjawab.

    mampir kalau sudi : suzuki-akbar.com

    Makasih 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *