Point of Sale (POS) Cloud OLSERA: Solusi untuk Meningkatkan Tata Kelola Penjualan dan Profitabilitas Usaha Anda

Ratu Solo

Cepatnya perkembangan teknologi dan perubahan pasar menuntut para pelaku usaha, khususnya pada level kecil dan menengah, untuk mulai merencanakan skenario pengembangan teknologi informasi yang sejalan dengan bisnisnya. UKM-UKM sudah harus mampu menyusun implementasie-commerce yang dapat memudahkan kinerja, meningkatkan daya saing, serta menekan biaya operasional yang bisa mendongkrak profitabilitas perusahaan secara signifikan.

Bisnis retail konvensional saat ini belum banyak memanfaatkan teknologi komunikasi elektronik dan pemrosesan informasi yang saling terkoneksi dan bisa diakses kapan saja. Berbagai transaksi penjualan masih menggunakan point of sales (POS) offline dengan mengandalkan komputer lokal yang hanya bisa diakses di tempat dengan segala keterbatasannya. Tidak lengkapnya fitur-fitur pendukung teknologi pengolahan data serta kurang terampilnya tenaga kerja penjualan menyebabkan banyak terjadi kecacatan dalam manajemen penjualan, seperti ketidakakurasian data stok inventori yang menyebabkan sulitnya menentukan jumlah produk yang harus di order, terlebih jika produk tersebut dijual bersamaan secara online dan offline di toko retail.

Point of Sale POS Cloud OLSERA

Dengan memanfaatkan teknologi informasi, berbagai kendala pada sistem POS bisa diminimalisasi atau bahkan di eliminisasi, salah satunya dengan memanfaatkan cloud computing, yaitu teknologi pengolahan data dengan menjadikan internet sebagai server. Melalui teknologi ini, point of sales bisa langsung terintegrasi secara online, sehingga pelaku usaha dapat mengoptimalkan penjualannya dan mengecek berbagai arus kas bisnis secara online dengan menggunakan perangkat ponsel pintar atau tablet yang terhubung dengan jaringan internet.

OLSERA memiliki layanan POS cloud yang bisa membantu para pelaku bisnis melakukan tata kelola usaha, khususnya pada bisnis yang menggunakan sistem pembayaran check-out counter, seperti toko, apotek, butik, minimarket, ritel hand phone, restoran, bahkan hotel dan tempat pertunjukan. Aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk meningkatkan market interest dan pelayanan konsumen, karena fitur-fiturnya memberikan banyak manfaat dan kemudahan seperti:

1. Menjadikan pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien
POS cloud OLSERA mampu melakukan berbagai proses input-output data secara detail dan akurat. Berbagai fitur penjualan seperti transaksi pembelian (purchase), utang (liabilities), pengembalian produk (purchase return), pelaporan seluruh transaksi (reporting), serta masih banyak lagi aktivitas lainnya, bisa dikerjakan secara mudah, cepat dan sistematis. Seluruh data penjualan, inventori, data pelanggan dan berbagai laporan lainnya, saling terintegrasi dan tersinkronisasi dalam satu manajemen dan mudah diakses secara online.

2. Fleksibilitas tinggi
Dengan memanfaatkan sistem komputasi awan, seluruh data bisa diakses secara online kapan saja dan dimana saja, tanpa terkendala ruang dan waktu. Pelaku usaha dapat melakukan berbagai transaksi penjualan dan mengakses data pribadi secara bersamaan tanpa instalasi. Pengoperasiannya pun sederhana, seperti menggunakan perangkat asli di toko sendiri.

3. Skalabilitas tanpa batas
Cloud storage memberikan ruang penyimpanan data yang tidak terbatas. Anda dapat dengan mudah meningkatkan atau mengurangi kapasitas data dan menyimpannya secara virtual tanpa membutuhkan memori fisik.

4. Bisa dimanfaatkan untuk berbagai cara pembayaran
Dengan beberapa perangkat tambahan seperti cash drawer, barcode scanner, dan signature capture device, aplikasi ini tidak hanya memungkinkan pelaku usaha untuk menerima pembayaran secara tunai, namun juga non tunai melalui kartu debit dan kredit, atau bahkan bisa dilakukan menggunakan cek atau transfer bank dengan sedikit kostumisasi.

5. Hemat & murah
Selain mobile friendly, layanan point of sale online ini bisa membantu para pengusaha untuk melakukan penghematan di banyak pos, seperti pembelian inventaris dan perangkat cash register, biaya upgrade atau maintanance peralatan. Belum lagi biaya reparasi yang mungkin muncul akibat kerusakan perangkat yang kerap menggangu jalannya bisnis. Melalui POS cloud OLSERA Anda hanya akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai paket layanan yang dipilih, yang besarannya jauh lebih kecil dibandingkan jika harus menyediakan seluruh infrastruktur penjualan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai fitur POS cloud OLSERA serta layanan mobile application lainnya, Anda bisa mengunjungi website www.olsera.com. Anda bisa mencoba terlebih dulu secara GRATIS selama 30 hari. Ayo, tunggu apalagi!

*) Ini adalah artikel review blog post. Segala bentuk akibat yang ditimbulkan atas materi yang diiklankan, bukan tanggung jawab blog cara-ririn.com

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

23 gagasan untuk “Point of Sale (POS) Cloud OLSERA: Solusi untuk Meningkatkan Tata Kelola Penjualan dan Profitabilitas Usaha Anda

  1. Muhammad Arief

    Zaman sekarang usaha dikembangkan dari Offline ke online, data bisa diakses dimana saja kapan saja, sangat membantu sekali solusi dari POS Cloud ini.
    Terima kasih,

    mau sewa printer gratis? Klik sewaprinterjakarta.com

    Salam,
    Muhammad Arief

    Balas
  2. urhis brenz

    Gan sy mau nanya nihhh…sy kan blogger pemula…..apA bila kita suda mendaftarkan blog kita ke google webmaster dan ada beberapa yg terkirim juga terindex…jikA kita menulis artikel lagi ini suda otomatis terkirim dan terindex atau gimana gannn makasi yaa

    Balas
  3. Kaos dakwah

    Wah…..bagus sekali informasinya, terus terang sebagai pelaku UKM kami memang membutuhkan aplikasi seperti ini untuk mempermudah pekerjaan kita, TRIms yah mba atas infonya saya jadi ingin mencobanya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *