Peluang Usaha Bisnis Online Gratis untuk Mahasiswa

1. Freelance Writer
Penulis lepas atau yang biasa disebut dengan freelance writer adalah bisnis yang cukup menjanjikan. Pasalnya, kita hanya perlu bermodalkan keterampilan menulis artikel. Dan setiap artikel akan dihargai puluhan ribu rupiah oleh situs web tertentu.

Keuntungan menjadi freelance writer adalah kita tidak perlu memiliki blog/website sendiri. Kita tidak perlu paham mengenai desain web dan SEO. Dalam menulis artikel tidak terikat oleh ruang dan waktu, alias pekerjaan ini bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Namun, kita perlu memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, agar bisa menulis artikel dengan baik.

Ada banyak blog/website yang membuka lowongan penulis lepas untuk mengupdate situs websitenya. Dan masing-masing situs memiliki ketentuan yang tidak sama baik jumlah komisi, topik artikel, dan ketentuan yang lain.

2. Selling Produk
Menjual produk tidak hanya dilakukan di dunia nyata saja, akan tetapi di dunia maya juga bisa, dan itu lebih murah dalam segi modalnya. Yakni kita tidak perlu menyewa tempat untuk membangun toko. Kita tidak perlu memasarkan produk kesana-kemari. Dan masih banyak lagi kelebihan dari menjual produk secara online.

Menjual produk tidak harus memiliki website sendiri. Akan tetapi kita bisa memanfaatkan situs website lain. Seperti situs Facebook, Twitter dan Google+ bisa digunakan untuk jualan produk. Terlebih lagi saat ini ada banyak situs pasang iklan gratis di Indonesia seperti Olx, Berniaga, Tokopedia, dll. Ini juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk kita.

3. Sevice/Jasa
Apabila kita memiliki keterampilan di bidang tertentu, kita bisa memanfaatkannya sebagai ajang meraup penghasilan dari internet. Membuka jasa merupakan cara yang terbilang cukup efektif, karena tidak memerlukan modal yang cukup besar.

Misalnya saja kita memiliki skill translate, desain gambar, bisa mengoperasikan photoshop dan coreldraw, ini merupakan modal yang cukup besar bagi kita. Kita bisa menawarkan jasa kita kepada orang lain yang membutuhkan skill tersebut. Dan apabila ada orang yang order jasa kita, maka kita bisa memperoleh penghasilan dari jasa yang kita tawarkan.

4. Membangun Blog Pribadi
Blog pribadi dahulu hanya dimanfaatkan oleh orang untuk diary online, kini berkembang ke ranah bisnis. Banyak orang kini memanfaatkan media blog untuk memperoleh penghasilan. Bagaimana sistem kerjanya? Yakni dengan cara menyewakan sebagian ruang kepada advertiser/pengiklan untuk iklan. Dengan catatan jumlah pengunjung blog kita tinggi tiap harinya, misal 2.000 visitor / hari.

Ada banyak website yang menyediakan layanan pembuatan blog gratis. Blog tersebut bisa digunakan untuk meraup penghasilan, misalnya seperti platform Blogger/Blogspot, WordPress, BlogDetik, dan masih banyak lagi.

Mungkin kelihatannya sangat mudah untuk membangun blog. Padahal cukup sulit untuk mengelolanya agar bisa memiliki traffic yang tinggi. Yakni kita harus paham desain blog, pahal teknik SEO, bisa menulis artikel dengan baik, paham strategi lapak iklan, dan masih banyak lagi.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

21 gagasan untuk “Peluang Usaha Bisnis Online Gratis untuk Mahasiswa

  1. Aditya Nugroho

    Saya sementara baru fokus di Google adsense mbak. Walaupun saya pribadi sudah melepas status mahasiswa bulan oktober yang lalu. Nice post, aslinya tutorial ini cocok untuk umum tidak hanya untuk mahasiswa 🙂

    Balas
  2. Indra

    kelihatannya suli-sulit ya mbak pilihannya, tapi menurut saya poin nomer 1 cocok untuk saya untuk yang lain agak jauh dari harapan apalagi mau membangun blog pribadi.. hadeh pusing 🙂

    Balas
  3. Dwi

    mantap mbak tipsnya, tapi masalah utama untuk membangun blog pribadi bagi saya adalah membuat artikel secara rutin, rasanya berat banget mau nulis di blog padahal pengen punya penghasilan sendiri dari blog 🙂

    Balas
  4. affilia

    setuju dengan nomor 4 mbak, membangun blog pribadi dan di maintain dengan baik dan benar bukan hanya akan memberikan penghasilan tambahan bagi mahasiswa, tapi justru akan menjadi pekerjaan utama jika dilakukan dikerjakan dengan serius. Memiliki blog pribadi dengan traffic tinggi akan mudah kita karyakan dengan memasang PPC, dan affiliasi. Asal rajin post artikel dan SEO on page yang baik, sepertinya google akan menganggap blog kita menjadi authority site. Btw, nice post mbak.. keep writing. sukses selalu

    Balas
  5. Ping-balik: Cara Bikin Akun Path di Hp Android | Cara Ririn

  6. Ping-balik: Peluang Bisnis Google Adsense | Cara Ririn

  7. Linda

    makasih gan aku bisa tau juga tentang usaha bisnis yang di lakukan anak kuliahan supaya gak terlalu berat kerjanya dan bisa hemat juga gan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *