Pasang Iklan PPC di Blog, Merugikan atau Menguntungkan?

Hi all, jumpa lagi dengan saya di Blog Cara Ririn. Kali ini saya tidak akan membahas mengenai Tips ataupun Tutorial Blogspot, melainkan akan membahas tentang hasil review saya terkait dengan bisnis online di internet, lebih spesifiknya bisnis online Pay Per Click (PPC).

What is PPC? adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari konten online yang ada blog/web kita. Sistem yang diberlakukan adalah dibayar setiap klik iklan valid. Jadi, intinya apabila anda berpartisipasi dalam bisnis PPC, maka anda harus mendaftarkan diri dan blog anda di situs penyedia PPC. Setelah itu, anda perlu memasang script iklan PPC di blog/web anda. Setiap kali ada pengunjung blog yang mengklik iklan anda, maka anda akan memperoleh penghasilan. Dan apabila jumlah penghasilan yang dikumpulkan anda sudah mencapai batas tertentu, anda akan dibayar oleh situs PPC.

Di internet, ada banyak sekali situs PPC. Sistem yang diberlakukan hampir sama. Yang berbeda pada ketentuan, besaran pembayaran, minimal payout, dan lain sebagainya. Situs PPC yang paling digemari oleh webmaster (pengelola blog) antara lain Google AdSense, KlikSaya, IdBlogNetwork, Chitika, dan masih banyak lagi.

Pasang Iklan PPC di Blog, Merugikan atau Menguntungkan
Mungkin sebagian dari anda kini ada yang berpartisipasi dalam bisnis online PPC. Sebagian yang lain mungkin belum. Dan mungkin sebagian lagi nggak mau tau tentang bisnis PPC. Saya kira hal itu tidak jadi masalah, karena memang tujuan ngeblog diantara kita tidak sama.

Kembali ke topik bahasan bahwasanya kini sudah banyak sekali para pengelola blog yang berpartisipasi dalam program PPC. Dengan harapan bisa mendapatkan uang dari blog yang mereka kelola. Namun, kita juga perlu berfikir secara komprehensif. Apakah situs PPC ini benar-benar bisa memberikan penghasilan? Apakah anda akan rugi ataukah untung jika pasang iklan PPC di blog? Dan bagaimana konsekuensinya jika anda berpartisipasi dalam bisnis PPC?

Setelah sebelumnya saya membahas tentangΒ Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan Mudah. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Pasang Iklan PPC di Blog, Merugikan atau Menguntungkan?. Berikut adalah uraiannya.

Pasang Iklan PPC Bisa Merugikan Jika
(i) Belum sempat payout malah di banned
Ini yang sering terjadi. Berbulan-bulan ngeblog untuk mendapatkan uang dari blog dengan berpartisipasi pada bisnis PPC, dan ketika akan mendekati payout, malah di banned oleh situs penyedian PPC secara sepihak. Ini biasanya terjadi karena kesalahan publisher yang tidak mentaati peraturan yang berlaku. Bisa juga karena situs PPC adalah scam. Alhasil uang yang dikumpukan berbulan-bulan lenyap seketika. Untuk itu, pastikan apabila anda mengikuti program PPC, anda harus mematuhi ketentuan yang berlaku, supaya akun anda aman dan terhindar dari banned. Selain itu, silahkan pilih situs PPC yang benar-benar membayar setiap publisher nya.

(ii) Sistem bagi hasil
Apabila trafik blog/web anda tinggi, mungkin anda bisa dikatakan rugi jika monetasi blog anda dengan situs PPC. Kok bisa? ya bisa aja karena sistem yang diberlakukan dalam bisnis PPC adalah sistem bagi hasil. Biasanya 50% untuk pihak situs PPC dan 50% untuk pihak publisher. Jadi, misalkan harga per klik iklan Rp 10.000, maka anda hanya akan memperoleh Rp 5.000. Yang Rp 5.000 lagi untuk situs PPC.

Padahal, apabila sebagian space di blog anda di sewakan kepada advertiser secara langsung (direct advertiser), maka anda akan memperoleh bayaran sepenuhnya. Dan itu dibayar di muka, bukan di akhir seperti ketentuan yang berlaku pada situs PPC.

(iii) Syarat dan ketentuan yang ketat
Anda akan selalu terkait dengan Term Of Service (TOS) situs PPC yang mana aturannya bisa dibilang cukup ketat. Anda tidak bisa bebas untuk membuat konten/artikel di blog anda, karena ada betasan-batasan tertentu yang tidak diperbolehkan oleh situs PPC. Selain itu, anda tidak boleh mengklik iklan anda sendiri, dan juga tidak boleh mengoptimasi blog web anda secara berlebihan. Karena hal itu sangat berisiko bagi akun PPC anda.

(iv) Mempengaruhi loading blog dan performa blog
Banyak iklan PPC yang sangat mempengaruhi loading blog. Yakni loading blog menjadi berat setelah script iklan PPC dipasang di blog. Hal itu sangat merugikan anda dan juga pemirsa blog anda. Selain itu yang tak kalah penting adalah tampilan atau materi iklan sepenuhnya diatur oleh pihak situs PPC. Sehingga terkadang iklan yang ditampilkan pun kurang menarik dan juga mengganggu kenyamanan pengunjung.

Pasang Iklan PPC Bisa Menguntungkan Jika…
(i) Tiap bulan bisa payout
Setiap bulan bisa memperoleh bayaran dari situs PPC merupakan ekspektasi setiap orang yang berpartisipasi dalam bisnis PPC. Siapa sih yang tidak suka kalau dapat gajian bulanan dari internet? Saya yakin pasti anda akan merasa bahagia. Namun, untuk bisa sukses dari bisnis PPC ternyata tidak mudah jika trafik blog/web kita rendah.

(ii) Tidak perlu mencari advertiser
Ada keuntungan tersendiri jika anda bisa pasang iklan PPC di blog. Yakni anda tidak perlu susah payah untuk mendapatkan pengiklan, karena iklan sepenuhnya sudah diatur oleh pihak PPC. Meskipun trafik blog anda rendah, pasti selalu ada iklan di blog anda. Beda halnya jika anda buka lapak iklan sendiri. Anda perlu meningkatkan jumlah trafik terlebih dahulu dan juga ranking blog anda agar para pengiklan bersedia memasang iklan mereka di blog anda.

(iii) Passive income
Bisnis online PPC termasuk bisnis yang santai untuk dilakuan. Selain gratis juga mudah untuk dipraktekkan. Anda hanya perlu membuat akun di situs PPC dan pasang iklan mereka di blog anda. Tugas anda hanya mengelola blog dengan cara menyajikan artikel/postingan yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Uang akan mengalir dengan sendirinya. Beda halnya jika anda menyewakan lapak iklan di blog kepada para advertiser. Anda perlu meningkatkan jumlah pengunjung terlebih dahulu agar mereka (advertiser) mau pasang iklan di blog/web anda.

(iv) Usaha sampingan
Saya tidak merekomendasikan bahwa bisnis PPC untuk pekerjaan utama anda karena alasan ketidakpastian tersebut. Karena sewaktu-waktu anda bisa dinonaktifkan secara sepihak oleh situs PPC. Anda ibarat karyawan. Oleh karena itu, anda perlu mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs penyedia PPC. Saran saya, jadikan bisnis PPC sebagai usaha sampingan. Lebih baik prioritaskan pekerjaan anda di dunia offline.

Demikian review sederhana dari saya tentang bisnis online yang berjudul Pasang Iklan PPC di Blog, Merugikan atau Menguntungkan?. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa baca juga artikel saya terdahulu tentang Cara Membuat Iklan Banner / Gambar Sendiri. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih banyak atas atensinya.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

98 gagasan untuk “Pasang Iklan PPC di Blog, Merugikan atau Menguntungkan?

  1. Muhammad Widisono

    Aku sekarang pasang iklan manual mbak, belum pake PPC. soalnya traffik blogku belum se-mantab blog mbak kok πŸ™‚

    Balas
    1. sarofudin

      gak pertamak kali orang no 2. owh ya kalau yang ada di kanan kiri blog mbak ririn itu ppasti menguntungkan ya

      Balas
    2. Ririn

      Mas Oyo, hehehe nggak pertamax tuh :mrgreen:

      Sarofudin, iya lumayan mas. Saya sebenarnya nggak tahu kok gambarnya kayak getu ya hehehe πŸ˜€

      Balas
    1. Ririn

      Iya mas. Google AdSense memang sangat potensial. Tapi kita harus bisa mengoptimalkannya agar hasilnya juga besar πŸ™‚

      Balas
  2. Mizz Aiza

    iklan ppc di blog saya juga kadangkala merugikan kerana sesetengah iklan yang diklik tiada bayaran.. hanya memberatkan loading blog sahaja.. saya masih memikirkannya..

    Balas
    1. Ririn

      Iya begitulah mizz. Klik yang dihitung hanya klik yang valid saja. Yang tidak valid tidak dihitung dan tidak dibayar. Begitulah sistem dalam bisnis Pay Per Click (PPC). Iya silahkan dipertimbangkan lagi mizz πŸ™‚

      Balas
  3. baharudinwahida

    iya mbak..loading blog bisa jadi lebih lama jika pakai iklan ppc. Kalau blog AKU CINTA KEDOKTERAN ku belum ada iklannya mbak. Mungkin suatu saat nanti akan diberdayagunakan.

    Balas
  4. Nandar

    Kalau traffik udah oke dan blog ud populer mungkin lebih bagus menawarkan pasang iklan independent sendiri tanpa pihak ketiga. Kalo ppc selain adsense biasanya kurang bagus.. Setahu saya hanya adsense yg bayarannya paling bagus tapi itu juga yang ngeklik harus banyak juga.

    Balas
    1. Ririn

      Sepertinya mas nandar sudah sangat berpengalaman nich tentang make money from blogging. Jadi ingin berguru dech sama mas nandar hehe πŸ™‚

      Balas
  5. Daniel Erick

    Kalau gak main Google Adsense, mending IKlan mandiri aja kayak mbak Eka ini, lebih menguntungkan pastinya.. πŸ˜€

    Balas
    1. Ririn

      Hehehehe tau aja nich mas daniel πŸ˜€
      Tapi harus memikirkan traffic dulu ya mas sebelum memasang space available di blog nya πŸ™‚

      Balas
    1. Ririn

      Masak belum mencoba, udah takut duluan mas? hehehe πŸ˜€
      Kalau iklan mandiri, sebaiknya jangan pasang iklan prngrafi, iklan judi, sara, obat terlarang, dll. Pasti blog nya aman dan nggak di hapus oleh mbah gugel πŸ™‚

      Balas
  6. Bisnis Online

    kalo iklannya masuk di akal mah menguntungkan mba, tapi kalo iklannya gak sesononoh besar kemungkinan merugikan πŸ˜€
    PPC di blog ane dibayar bitcoin mbaa dan sesuai faqnya gak senang main banned” sperti PPC pada umumnya πŸ˜€

    Balas
    1. Ririn

      Wah sepertinya mas Bisnis Online sudah ekspert nich dalam dunia bisnis PPC. Jadi ingin belajar deh saya sama mas Bisnis Online ini πŸ™‚

      Balas
    1. Ririn

      Iya mending fokus pada pengelolaan blog dulu mas untuk meningkatkan traffic blog. Nah, kalau blog nya sudah rame pengunjung ribuan per hari, silahkan di monetasi πŸ™‚

      Balas
  7. andi lutfi hidayat

    bener banget nih, m’ba Ririn kita rugi jika belum pernah PO malah ke banned duluan *contohnya Adsense :D*

    Balas
  8. dede

    nggak gampang yah ternyata iklan itu,saya sudah lama pasang Adsense belum pernah sekalipun dapat transperan hehe,,,,tapi biarlah waktu saja yang menetukan nanti hehehe

    Balas
  9. Andifa

    ternyata ada keuntungan dan ada juga ruginya. tidak memperhatikan ternyata ada krugian juga dibaliknya. πŸ˜€

    Balas
  10. yazid

    ane blogging dari dulu pakai PPC untuk dpt penghasilan tambahan’a..
    dan ane selalu pakai KS πŸ˜€
    semoga yg lain juga bisa ikutan untuk nambah penghasilan melalui blog ..

    Balas
  11. post view

    kalo cara kerjanya emang gimana nih PPC sis? ane dulu sempat mau bikin nih PPC tapi takut gambarnya macem2 πŸ˜€

    Balas
  12. Agus Supriyono

    Benar juga mba ririn mudahnya tidak perlu cari advertiser tapi terkadang iklan yang muncul menjadi masalah seperti iklan dewasa

    Balas
  13. the oom

    kalo buat pengunjung blognya sih merugikan oom.. apalagi kalo emang blognya yang niat cari duit.
    malah bikin berat
    hahaha..

    Balas
  14. Leony Li

    saya sendiri juga bingung mbak ririn, padahal tracfik blog saya skrg sudah sangat bagus, tapi gimana ya sebaiknya mencari penghasilan yang memuaskan.

    Balas
  15. Qoreader

    ane dah gak ikutan lagi bisnis ppc sejak 2 tahun lalu, blog pun gak dipasangi script iklan, soalnya mending jual produk sendiri dripada menjual produk orang yg blum tentu dibayar. tp sempat sih menikmati hasil idr-clickit sampe 100 rb.

    Balas
  16. trik seo blog

    klo mnurut saya pribadi rugi ikutan ppc itu dengan alasan tersendiri, yang paling menguntungkan itu hanya adsense tp yang youtube upload video saja πŸ˜€ kgak usah psang iklan πŸ˜€

    Balas
  17. Ping-balik: Cara Pasang Widget Google Custom Search (CSE) di Blog | Cara Ririn

  18. nimdapns

    Sangat komplit uraiannya Mbak..
    kalo saya karena blog masih sepi jadi PPC buat ngeramein
    tampilan saja hehehehe..
    trims

    Balas
  19. Gee Jhon

    dengan segala kelebihan dan kekurangannya, bisnis ppc masih layak kok dijalankan. Dan kalau sudah bicara PPC, GA menurut saya masih yg terbaik.

    Memang pada awalnya agak sulit untuk mendapatkan hasil yg memuaskan. Dari pengalaman saya, saya butuh waktu 7 bulan utk bisa PO, 3 bulan berikutnya baru bisa PO lagi, tapi setelah itu bisa rutin PO tiap bulan. Yang terpenting adalah konsistensi mengembangkan blognya. Ditambah melakukan optimasi dan banyak eksperimen sampai menemukan yg bekerja terbaik untuk blog kita masing.

    sukses selalu untuk mbak Ririn….

    Balas
    1. Ririn

      Iya benar sekali mas. Kita kembalikan lagi pada individu masing-masing, karena setiap individu mempunyai interest yang tidak sama. Mungkin si A lebih cocok di bisnis Afiliasi, si B lebih profit dengan AdSense, sedang si C lebih untung jual produk sendiri. Saya kira tidak jadi masalah. Kan tujuan nya sama-sama menghasilkan uang dari blog πŸ™‚
      Thanks ya mas sudah berbagi pengalaman juga.

      Balas
  20. awin

    mbak mau tanya nih , saya nubi
    mau nanya aja , kalo ikutan ppc bayar payoutnya gmn tuh πŸ˜€ hehe

    Balas
    1. Ririn

      bayar payout nya bisa langsung via transfer rekening, paypall, cek, western union dll. Tergantung kita ikut PPC yang mana karena payout nya beda-beda πŸ™‚

      Balas
  21. websini

    Saya kira benar Mbak, banyak yang harus dipertimbangkan , saya sendiri pernah mengalaminya dalam memasang suatu iklan , saat mendekati 400 rb hingga saat ini tidak pernah dibayarkan alasannya selalu “agak terlambat”, “gangguan sistem” hingga kira – kira lebih dari 4 bulan masa tunggu dan akhirnya saya mencopot iklan yang katanya salah satu penyedia terbesar di Indonesia, tapi sebagai blogger kita juga tidak bisa munafik dengan mengharapkan penghasilan, Jadi mau tidak mau jadi harap-harap cemas deh … semoga saja tidak banyak penyedia iklan yang berlaku seperti itu.

    Tips dari Mbak akan menjadi pertimbangan yang sangat membantu, terimakasih sudah share, salam sukses

    Balas
  22. Ping-balik: Daftar Situs Penyedia Pasang Iklan Baris Gratis Terbaik | Cara Ririn

  23. Ahmad Matin

    wah info yang menarik, dicoba ah πŸ˜€ sepertinya mbak ini berpengalaman di dunia blogging
    tuh lihat artikelnya benar-benar berbobot dan tak abal2 πŸ™‚
    ini blog baru mba jadi dimaklum hehehe

    Balas
  24. ABDI

    Usaha sampingan
    ini dia tujuan terakhir
    terutama klo pasang citika
    ga perlu curang/nunggu di klik
    tetep ada pemasukannya dari revenue share(asal blognya rame pengunjung)

    Balas
  25. Ping-balik: Jangan tergantung dari laporan trafik di dasbord blogger coba juga google analisis | Cara Ririn

  26. Sepa

    terima kasih atas penjelasannya mba..
    nanti saya cerna dulu mengenai ppc
    sangat berguna bagi kami
    langsung kami amalkan

    Balas
  27. Ping-balik: Cara Meningkatkan Penghasilan Iklan PPC | Cara Ririn

  28. ady

    saatnya mencari dollar dengan menggunakan android $2 usd perhari
    instal aplikasi WHAFF di playstore -> register -> masukan code AE39968 ,agar mendapatkan bonus langsung $0.3

    Balas
  29. Wildan

    Rugiiii klo affiliasi, mau PPC, PPL, PPA, kayak sekarang aja mana ada pengunjung yang mau ngeklik iklan, maleezzzzz….tidak pasti, mending jualan lemper segede bakiak…pasti ituuu…hahaha…

    Balas
  30. ANI

    Saya rasa, iklan yang paing menguntungkan dari semua jenis iklan jika kita menjadi publisher iklan saat ini adalah AdsOptimal.
    Silahkan baca selengkapnya disini:

    psychologymania.com/2015/05/iklan-paling-menguntungkan-bagi-seorang.html

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *