Menjual Produk dan Keahlian Lewat Internet

Menjual Produk dan Keahlian Lewat Internet-Dewasa ini, menjual produk melalui internet sudah tidak asing lagi, sudah menjadi hal lumrah. Menjual produk lewat internet jangkauan pasarnya akan lebih luas. Inilah yang sebagian tidak dimengerti oleh para pelaku usaha. Menjual produk lewat blog dapat membantu perkembangan usahanya sehingga lebih maju lagi.

Di internet banyak orang yang jualan baju, sepatu, dan produk lainnya lewat blog. Bahkan penghasilannya lebih besar dari usaha offlinenya. Itu adalah solusi mengembangkan usaha lewat blog. Yang dijual di internet bisa produk berbentuk fisik maupun produk digital, seperti software, ebook dan lain-lain.
menulis
Selain bisa menjual produk di internet, anda pun bisa menjual keahlian atau keterampilan yang anda miliki di internet.

Setiap orang memiliki latar belakang berbeda-beda. Setiap orang diciptakan oleh Tuhan berbeda-beda. Ada yang memiliki kelebihan di bidang tertentu. Begitupula anda pasti memiliki keahlian di bidang tertentu yang jarang orang memilikinya. Biasanya kelebihan anda itu membuat orang terkagum-kagum karena mereka tidak dapat melakukannya, sedangkan anda bisa. Keahlian seperti menulis, menggambar, membaca pikiran, menjahit, memasak, merancang website, dan lain-lain. Banyak keahlian dan keterampilan di dunia ini. Bahkan otak dan cara berpikir manusia berbeda-beda. Itulah sebagian saja yang membuat masing-masing manusia unik dan memiliki nilai jual tersendiri.

Ada banyak keahlian yang bisa dijual di internet, seperti kemampuan berbahasa inggris, desain web, menulis, bermain gitar, bermain alat musik tertentu, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali orang yang ingin belajar sebuah keahlian atau keterampilan tertentu di internet tanpa keluar rumah yang menyita waktu, misalnya pergi ke tempat kursus. Nah, anda bisa menjual keahlian tersebut melalui internet.

Misalkan, anda mempunyai keahlian menulis. Maka buatlah tulisan oleh anda mengenai keahlian atau hobi anda itu sekitar 20 sampai 50 halaman. Isi tulisan itu menceritakan pengalaman anda ketika belajar menulis. Dimulai dari melihat contoh tulisan orang lain, lalu mulai menulis dengan membuat kerangka tulisan, merubah ide menjadi sebuah tulisan, cara menulis yang baik dan benar, cara menulis yang produktif, dan lain sebagainya.

Intinya tulisan anda itu berisi tutorial belajar menulis dari dasar berdasarkan pengalaman kamu sendiri secara pribadi. Lampirkan pula contoh-contoh karya tulisan anda. Kemudian, kalau sudah jadi tulisan tersebut, ubahlah menjadi ebook dengan format pdf. Lalu, kemas dalam produk dan promosi rayuan yang menarik dalam sebuah blog yang berisi tip dan trik menulis. Lalu jual ebook itu di internet dengan kemasan menarik dan rayuan menarik. Pastinya, orang yang sedang semangat belajar menulis tertarik untuk membeli produk ebook anda tersebut tentang cara menulis berdasarkan pengalaman anda sendiri.

Jadi menjual di internet tidak mesti berbentuk produk fisik, dapat pula berbentuk digital seperti ebook.

Selain menjual keahlian lewat ebook, anda pun bisa menjual keahlian menulis anda lewat internet langsung, seperti menawarkan jasa menulis artikel, menulis konten blog, menulis review dan lain sebagainya. Ada banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengelola dan menulis blognya. Inilah lahan usaha bagi penulis.

Jadi dari sekarang telisiklah apa keahlian atau keterampilan anda? lalu pasarkan di internet. Banyak website yang menawarkan keahlian atau keterampilan mereka di internet. Bagi sebagian orang berjualan lewat blog rumit karena melibatkan proses membuat blog. Namun jika kita belajar perlahan-lahan maka kita akan bisa membuat blog yang akan mampu memperkenalkan usaha kita ke pasar lebih luas.

Catatan : Untuk membuat blog sekarang ini tidak sulit. Banyak tutorial di internet. Bisa menggunakan blog gratisan atau berbayar. Sekarang ini yang paling banyak digunakan adalah blogspot dan wordpress. Buatlah blog semenarik mungkin dengan niche topik yang keahlian atau keterampilan anda yang diminat serta dikuasai, sehingga jika ada orang yang berkunjung ke blog anda akan balik lagi. Lalu juallah keahlian anda dalam bentuk ebook diblog tersebut. Orang yang tertarik atau lagi semangat belajar mendapat keterampilan tersebut pasti akan membeli ebook anda.

Demikianlah yang bisa disampaikan. Tulisan di atas mudah-mudahan memberikan pencerahan kepada pembaca sekalian.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

12 gagasan untuk “Menjual Produk dan Keahlian Lewat Internet

  1. Abed Saragih

    Dari internet kita bisa mencari penghasilan tambahan seperti penjelasan diatas kalau ada kemampuan seperti menulis(jadi conten writter), buka jasa dan produk semuanya bisa dilakukan di internet asal benar-benar serius saja 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *