Mengapa Blog Saya Sepi Pengunjung? Bagaimana Caranya Agar Bisa Rame?

Mengapa Blog Saya Sepi Pengunjung? Bagaimana Caranya Agar Bisa Rame? – Ini adalah pertanyaan yang sangat lumrah dan sering kali kita tanyakan manakala kita baru kali pertama terjun di dunia blogging. Terlebih lagi jika kita memanfaatkan media blog unutk mengeruk uang, tentu traffic menjadi nafas nya. Karena tanpa traffic, mustahil kita bisa mendapatkan uang dari blog dengan mudah.

Sebenarnya apabila ditelaah lebih lanjut, pertanyaan tersebut masih membutuhkan pertanyaan lagi. Yang dimaksud itu apakah rame komentarnya ataukah blog tinggi traffic nya? Karena traffic blog tinggi, belum tentu jumlah komentar nya banyak, begitu juga sebaliknya. Jumlah komentar banyak, belum tentu traffic nya tinggi. Traffic itu apa sih? Adalah jumlah pengunjung yang dalam hal ini orang yang mengunjungi blog kita dan juga jumlah pageview / halaman yang dibuka oleh pengunjung.

Mengapa Blog Saya Sepi Pengunjung Bagaimana Caranya Agar Bisa RamePengunjung/pembaca blog, itu belum tentu berkomentar, tapi mereka biasanya baca artikel secara keseluruhan. Dan para komentator, belum tentu baca artikel 😀

Nah, apabila yang dimaksud rame pengunjung itu adalah traffic blog, maka anda bisa membaca artikel saya terdahulu tentang Cara Meningkatkan Traffic Blog Pelan Tapi Pasti. Dalam artikel tersebut sudah dijelaskan step by step bagaimana agar blog anda bisa naik traffic nya. Namun, apabila yang dimaksud rame pengunjung itu adalah jumlah komentarnya banyak, maka anda perlu melakukan sesuatu. Apa saja itu? Berikut adalah uraiannya.

1. Bikin artikel

Hal utama dan yang paling utama saat ngeblog adalah bikin artikel dan diterbitkan di blog. Sehingga blog anda punya sesuatu untuk dikomentari. Bikin artikel apa saja terserah anda. Yang penting sesuaikan dengan bakat, minat, dan keahlian anda. Karena saya menyadari bahwa motivasi ngeblog diantara kita tidak sama 🙂

2. Cari teman sesama blogger

Langkah selanjutnya adalah menjalin persahabatan antar sesama blogger. Sebagian besar komentator blog itu adalah sama-sama blogger yang punya blog. Adalah langka sekali bukan seorang blogger yang bersedia berkomentar di sebuah blog. Mungkin ada tapi jumlahnya sedikit. Nah, untuk mencari sahabat blogger, anda bisa menemukan mereka di Google Search. Carilah blog-blog yang admin nya aktif online setiap hari, sehingga bisa memudahkan anda untuk berinterkasi dengannya.

3. Ajak saling follow

Untuk memudahkan untuk saling berkunjung dan berkomentar yakni dengan cara saling follow blog masing-masing. Sehingga anda dan mereka bisa dengan mudah untuk mengetahui update artikel terbarunya.

4. Berkomentar di Blog Lain (Blogwalking)

Para blogger cenderung bersedia berkomentar balik apabila blognya dikomentari duluan. Jadi, disinia anda perlu menjemput bola. Silahkan undang mereka satu persatu untuk berkunjung dan berkomentar di blog anda. Cara mengundang nya bagaiamana? Sederhana saja, yakni anda berkomentar di blog mereka. Usahakan berkomentar yang baik dan sesuai dengan topik artikel. Sehingga dari kesan pertama baik, mereka tidak segan-segan untuk menjalin pertemanan dengan anda dan bahkan mereka juga tidak ragu-ragu untuk comment back di blog anda. Baca juga Cara Melakukan Blogwalking untuk Blogger Pemula.

Usahakan setiap kali anda menerbitkan artikel di blog, anda langsung berkomentar di blog-blog sahabat blogger, sehingga artikel terbaru anda bisa berpotensi mendapat ratusan komentar dari pengunjung, yang dalam hal ini adalah para blogger.

5. Pasang Thread Comment

Thread comment itu apaan sih? Itu lho tombol reply/balas yang ada di kolom komentar. Lalu apa hubungannya dengan sepi pengunjung? Jelas ada. Blog yang dipasang thread comment cenderung bisa mendapatkan komentar yang berlimpah 2 kali lipat daripada kolom komentar yang tidak ada thread comment nya. Misal, ada 10 komentar dari pengunjung, dan masing-masing komentar anda jawab semua. Pasti komentar nya bisa berjumlah 20 komentar. Benar tidak? 😀 Jadi dengan adanya thread comment ini, jumlah komentar di blog anda bisa semakin banyak, bahkan bisa mencapai ratusan jumlahnya, sehingga blog anda kelihatan rame dan nggak sepi lagi 😀

Itulah sedikit uraian sederhana dari saya tentang Mengapa Blog Saya Sepi Pengunjung? Bagaimana Caranya Agar Bisa Rame?. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian yang sedang galau karena blog nya sepi. Keep happy blogging always. By the way thanks atas perhatiannya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Cara Agar Website Tampil Profesional.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

86 gagasan untuk “Mengapa Blog Saya Sepi Pengunjung? Bagaimana Caranya Agar Bisa Rame?

  1. oyo sukarya

    harus sering jemput bola, biar rame yaa Mbak, hehe kalau blog sdh sering byk dikomentari, bisa memotivasi untuk membuat postingan yg berkualitas, terima kasih shd share

    Balas
  2. Budi Smart

    diantara agar mendapatkan komentar yang banyak adalah rajin blogwolking, tapi yang menjadi kendala di sini adalah ada juga yang rajin berkomentar di blog teman tapi balasan komentar tidak seimbang bahkan tetap sepi, di samping itu juga adalah ketika koneksi internet lagi ngadat jadi lebih susah untuk melakukan kegiatan ini. terima kasih sharenya mbk..

    Balas
    1. Ririn

      coba baca tips ini dicintai.com/2013/12/cara-merampingkan-alexa-rank-dengan-cepat-hanya-dalam-14-hari.html

      Balas
    1. Ririn

      kalau anda memfollow blog lain, anda perlu bilang sama admin nya dan ajak saling follow. Karena apabila anda tidak bilang, mereka pura-pura nggak tahu dan nggak mau follow back 🙂

      Balas
  3. ahmad

    oke mbak atas pencerahannya, saya orang baru nih yang terjun ke dunia blogger, jadi masih bingung, hehehe. di tunggu kunjungannya ya,,

    Balas
  4. Indra Kusuma Sejati

    Agar blog rame pungunjung biasakanlah membuat artikel yang berkualitas yang baik, dan sering lakukan BW ya Mba, apalagi kalau komentarnya juga kelihatan rame pasti akan tambah menarik.

    Salam

    Balas
  5. Fuadi Mukhlis

    Ajak saling follow sepertinya belum say aterapkan mbak. Blogwalking yang saya lakukan pun masih sedikit 🙂 Ya, sekarang masih fokus untuk membuat beberapa blog. dan membuat konten. Jadi blogwalking terkadang “malas” 🙂

    Balas
  6. iskandar

    menurut saya salah satunya jika ingin banyak pengunjung adalah bergabung dengan komunitas sesama blogger, karena kita bisa saling silaturahim dan mencari solusi disana.

    Balas
  7. Aditya

    Artikel memang kunci utama berdirinya suatu blog mbak. Rame ndaknya suatu blog ditentukan dari artikel yang blogger buat. Ibarat Seorang Pedagang Buah, Artikel itu adalah buahnya. Semakin banyak buah yang dimilikinya semakin banyak pula pengunjung yang datang untuk memilih buah – buah yang ditawarkan. Jika Penjual buah tidak memiliki buah yang dijual ya sama saja dengan seorang blogger yang tak memiliki artikel.

    Artikel yang cukup menarik mbak, lumayan memotivasi saya untuk lebih menjaring visitor di blog saya. Say suka 🙂

    Balas
  8. Abed Saragih

    Ternyata dengan cara mbak diatas bisa mendatangkan traffik yang ramai ya mbak mudahan teman-teman blog bisa ramai blognya sesuai dengan informasi diatas ya mbak 🙂

    Balas
  9. Aditya

    Yap ibarat penjual buah kalau ga ada buahnya ya ga bakal ada yang beli atau yg datang. Misalkan tanpa promosi maka pembeli yang datang pun hanya sedikit. Begitu pula juga seorang blogger, tanpa artikel bagaikan si penjual buah tapi ga ada buahnya. Sedangkan untuk trafik tanpa optimasi seo atau smo ya yang bakal maen ke blog kita hanya sedikit.

    Terima kasih sudah membuat artikel yang supper mbak, saya suka.

    Balas
  10. Dzaky Farras N

    Kalau ane sih fokus utamanya lebih ke blogwalking sama menulis artikel aja.

    Yang nomor 5 bener banget, dengan memasang komentar yang mempunyai fitur reply, jumlah komentar blog kita bisa jadi 2 kali lipat. Itu karena termasuk komen kita.

    Balas
  11. erickdozzis

    kalau saya point 3 mbak yang belum saya laksanakan,,_
    saya hanya ngepollow ajjha tanpa meminta mereka untuk polbek,,_
    pengalaman dari pertama belajar ngeblog : menyuruh mereka polbek ‘tapi’ malah dibilang ‘mengemis’ supaya di polbek,,_

    Balas
  12. Gupitan

    Blog saya masih sangat sepi Mbak he.. sepertinya memang harus menerapkan semua trick diatas. Makasih Mbak infonya 🙂

    Balas
  13. Murniati Nia

    waduh.. pantas aja blog saya sepi tak berpenghuni. dari 5 tips di atas yg belum saya lakukan adalah tips no. 2,3 dan 4. thanks ya m’ririn penjelasannya bener2 singkat padat jelas dan minimalis.

    Balas
  14. paperhouse

    kok setiap 100 blogwalking yang saya lakukan , cuma 2 yang berhasil berkunjung balik dari adminnya, apa karena adminnya pada sombong atau udah gak aktif ya . beberapa komentar saya malah gak ada yang ngereply . huuh 🙁

    kalau berkenan , mampir ya ke blog saya

    Balas
  15. Ikhsan

    Hmmmm,,,,
    rupanya komentar di blog lain berpengaruh jg ya Mbak, baru tau saya,,,
    semoga komentar saya ini juga bisa mempengaruhi pengunjung ya,,,
    biar rame juga,,hoho

    Balas
  16. zaskia

    thanks sob untuk postingannya…
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu…
    salam kenal yach…
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..

    Balas
  17. Ping-balik: Bagaimana Meningkatkan Pengunjung Ke Blog Anda? | Cara Ririn

  18. CE

    Wah berguna sekali nih 😀
    Kunjungi juga ya xxxxx
    Dapatkan informasi, games, software, dan lainya
    Dan dapatkan hadihanya langsung

    Balas
  19. Suhandri Simanullang

    Mbak ririn gimana nihh..
    Blog saya udah setahun belum juga meningkat pengunjungnya, followernya juga masih 1 orang, payah…
    Padahal hampir tiap hari diurus…
    Mbak kita blogwalking yuk, sma2 follow klikenjoyblog.blogspot.com

    Balas
  20. Ping-balik: Tips Menjalin Relasi antar Sesama Blogger | Cara Ririn

  21. Uda Awak

    Wah, terlambat saya datang mbak. Tapi nggak apa-apa. Yang penting dengan 5 tips meningkatkan pengunjung sudah menambah wawasan saya. Terima kasih, mbak.

    Balas
  22. iyan

    kenapa ya mbak blog saya masih sepi padahal saya buat topik FJB biar banyak pengunjung..rencana mau dftar adsense.blognya baru sebulan.kira2 gmna ya..kunbal mbak indopeacebook.blogspot.com
    thanks

    Balas
  23. Dwi Wahyu Nugroho

    Terima kasih mbak atas info-infonya,,sangat membantu sekali bagi saya yang masih pemula..mohon kunjungi blog saya adiwiyata-mangzapo.blogspot.com dan kritik serta saran sangat ditunggu

    Balas
  24. Denz

    Saya malah bingung, sebetulnya cara berkomentar/blogwalking yang baik itu bagaimana? Apakah dengan mempelajari topiknya, lalu berkomentar dengan menyertakan link tidak aktif? salam bangsantri.blogspot.com

    Balas
  25. Denz

    Saya malah bingung, sebetulnya cara berkomentar/blogwalking yang baik itu bagaimana? Apakah dengan mempelajari topiknya, lalu berkomentar dengan menyertakan link tidak aktif? salam bangsantri.blogspot.com

    Balas
  26. Natawa

    umur blog ane sudah setahun lebih, postingan masih 50, yang lebih parahnya lagi total trafix sampai saat ini cuma mampu menembus angka 5000. hohohoo.. sedihnya,, makasih ya mba ririn ilmunya, langsung tak praktekin. mau bikin lebih banyak artikel, target : penghujung 2016 mencapai 500 artikel dan pengunjung diatas angka 200/hari. do’ain ya ? hehe 😀 . visit blog ane yok, natawa.tk , banyak tips-trik komputer dan blogging lohh.. open comment juga, silahkan corat-coret aja, yang penting tdk tralu nyepam. oke ? thank u skali lagi mba ririn..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *