Mengapa Belajar SEO itu Penting?

Cara-Ririn.Com – Anda seorang blogger atau webmaster? Anda punya tujuan ngeblog untuk menghasilkan uang? Atau mungkin ingin punya traffic blog/web tinggi? Maka, anda harus belajar SEO agar blog/web anda bisa rame pengunjung setiap harinya dan bisa menghasilkan uang dengan mudah.

Belajar SEO tidak penting sama sekali jika tujuan anda ngeblog untuk fun, senang-senang, hiburan, cari teman, curhat, dll yang bukan untuk tujuan komersial. Kenapa saya bilang begitu? Karena traffic tinggi atau rendah bukan sebuah masalah. Yang penting bisa ngeblog dan happy.

Mengapa Belajar SEO itu Penting

Image by isaydigital.com

Belajar SEO ini memang bisa dibilang sulit, terutama bagi blogger pemula. Ada banyak hal yang harus diketahui, dipelajari, dan di praktekkan. Sehingga butuh waktu yang tidak sedikit untuk mempelajari seluk beluk SEO. Selain itu, teknik SEO ini cenderung bersifat dinamis, artinya selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Baca juga ye Tips Melakukan Blogwalking untuk Blogger Pemula.

Mengapa Belajar SEO itu Penting?

Itulah topik artikel yang dibahas dalam kesempatan kali ini. Dengan memahami dan mempraktekkan teknik SEO, maka kita akan sedikit menghemat tenaga dan waktu dalam kaitannya dengan mendapatkan traffic blog yang tinggi.

Saya akan sedikit memberikan ilustrasi sederhana berikut ini:

Blog si Paijo bisa menghasilkan 1.000 pageview per hari dengan 1.000 postingan. Dia ngeblog secara natural tanpa mempraktekkan teknik SEO. Untuk membuat 1.000 posting, Paijo memerlukan waktu 1 tahun.

Blog si Paimen bisa menghasilkan 1.000 pageview per hari dengan 100 postingan. Dia ngeblog dengan menerapkan teknik SEO. Untuk membuat 100 posting tersebut, si Paimen hanya memerlukan waktu 3 bulan saja.

Traffic Histats 21.000 artikel tanpa optimasi = 1.000 pageview / hari

100 artikel teroptimasi = 1.000 pageview / hari

Kira-kira anda pilih mana? 😀

Dari ilustrasi tersebut sangat jelas sekali kan perbedaannya? Itulah mengapa belajar SEO itu penting bagi blogger dan webmaster. Sehingga, dengan waktu yang singkat, kita bisa punya traffic yang tinggi dan bisa menghasilkan uang dengan mudah. Baca juga Cara Mengetahui Jumlah Backlink Blog Anda.

Dimanakah Tempat untuk Belajar SEO?

Sekarang ini banyak sekali situs, website, dan blog yang membahas informasi tentang belajar SEO. Mulai dari tingkat dasar, menengah, hingga tingkat advanced. Namun, kita perlu hati-hati juga dalam memilih tempat untuk belajar SEO ini. Jangan sampai kita belajar di tempat yang salah.

Apabila anda tertarik untuk belajar SEO secara intensif dan gratis. Saya akan merekomendasikan blog/web untuk dijadikan referensi belajar tentang SEO untuk anda. Silahkan kunjungi Blog Trik Mudah SEO di url http://trikmudahseo.blogspot.com/ untuk menuju ke TKP 🙂

Demikainlah informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda. Semoga bisa bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Faktor Yang Mempengaruhi Jumlah Penghasilan Akun AdSense Anda. Terimakasih sudah singgah di blog saya 🙂

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

78 gagasan untuk “Mengapa Belajar SEO itu Penting?

  1. jenx indah

    kalau saya sih milih ngeblog yang santai tidak dikejar setoran tapi kalau bisa menghasilkan duit cukup gitu lho mbak..milih yang no 2 .karena bagi saya banyak post tapi seperti yang mbak ririn bilang tanpa optimasi ibarat kita kerja bakti
    makasih mbak saya coba kunjungi ya

    Balas
    1. Asep Haryono

      Sekarang jelaslah semuanya bahwa mempelajari SEO memang cukup sulit pada awalnya. Namun manfaat yang akan didapat sungguh luar biasa. TErima Kasih sudah berbagi

      Balas
  2. kiki

    hebat ya trafiknya sampek segitu.. kinclong berarti ide menulisnya ya sis.. aku aja 1 males2n butuh waktu 1/2 hari mau nulis apa hehe.. coba aku cek di TKP deh 😀

    Balas
  3. baho punya

    seo memang tidak bisa di lepaskan selama kita masih ngeblogg yaa mbak, saya juga sering belajar ke tempat yang mbak Ririn rekomendasikan itu, terima kasih penjelasannya mbak 🙂

    Balas
  4. Elsawati Dewi

    soalnya kalau menggarap blog dibarengi teknik SEO, pengunjungnya bisa banyak karena sebagian besar berasal dari hasil pencarian google. apalagi kalau jualan, wah harus banget itu pake SEO..

    Balas
    1. Ririn

      iya betul itu mbak. kalau kita bikin situs toko online, harus pinter seo agar produk nya laris manis 🙂

      Balas
  5. Rizal Aditiyo Supendi

    iya mbak.. Belajar SEO itu sulit 🙁
    dari pertama aku ngeblog, dan sampai saat ini, aku belum faham seo 🙁

    ya.. pokoknya buat artikel yg bermanfaat lha.. Pasti banyak visitor 😀

    Balas
  6. Mizz Aiza

    ternyata belajar SEO penting untuk meningkatkan trafik kita.. saya masih lagi sedang belajar.. tetapi kebanyak entri saya personal sharing.. hehe..

    Balas
  7. Indri Lidiawati

    SEO adalah makanan pokok para blogger ya mbak, kalau gak belajar seo jadinya loyo blognya, hehehe 😀
    ada lagi satu tempat cara belajar seo yg telah terbukti bagus buat saya, yaitu di blog cara ririn punyae mbak Ririn, hehehe 🙂
    makasih tipsnya mbak Eka 🙂

    Balas
    1. Ririn

      wah ada-ada aja nih mbak indri. blog saya malah jarang bahas seo mbak. lebih banyak bahas tutorial aja 😀

      Balas
  8. Bayu Tirta

    Trik Mudah Seo, salah satu blog yang saya tuju untuk belajar Seo selain blog mbak ririn ini, artikel di blog yang di kelola mas ricky dan mas fritz sangat jelas dan mudah dipahami untuk pemula Seo seperti saya. Blog mbak ririn juga gk kalah hebat.

    Balas
  9. Muhammad Luthfi

    Hallo mbak ririn baru berkunjung maap ya 🙂

    SEO itu memang penting selain meningkatkan trafik bisa mendapatkan earning yang lebih banyak hehe.

    Balas
  10. aldinosya

    iyya..agak rumit jg belajar CEO ini Mba..!, padahal ane daah bertapa sekian lama, tp hasilnya gak bisa2 jg..!,, tp, ane pernah baca, bahwa di css/html blog kita..kita bisa tanmakan semacam jimat yg membuat blog jd ringan, seringan supeman..apa benar ada yg bgt ya Mba. Rin..! ,,bukan cuma ini, trnyata masih byk jalan pintasnya.. harus pindah suhu nih..!, sayang suhu ane lagi kejepit di batu karang blom ada yg nolongin..Mba..! cqcqcqcq..

    Balas
  11. Bang Dayat

    Mantap mbak penjelasannya, saya tertarik dengan analogi yang mbak jelaskan tadi. Saya juga pernah mengalami hal seperti itu, salah satu blog saya postingannya sudah tembus seribu lebih tapi visitornya sedikit sekali dan sebaliknya saya mempunyai blog dengan postingan 200an malah banyak pengunjungnya ketimbang yang satunya tadi, penerapan seo yang benar memberi dampak yang baik untuk blog.

    Balas
    1. Ririn

      wah pengalaman yang sangat bagus mas. Jadi sebaiknya kita belajar seo ya apabila kita ingin blog nya rame pengunjung dan punya traffic tinggi 🙂

      Balas
  12. alfin

    Belajar SEO itu memang penting… Sya rasakan sendiri bedanya. Minimal pengunjung perhari bisa meningkat. walaupun page rank belum dapat. 😀
    Banyak postingan tapi gak seo webnya, sama aja kita kerja keras berlipat ganda. Kalau untuk nulis-nulis biasa sih ga apa”. tpi klw untuk di komersialkan. Maka seo itu sangat penting sekali lagi.
    Thanks for sharing mba.

    Balas
  13. cumilebay

    Gw blm belajar seo nich, ngeblog asal nulis aja, asal posting. Masalah ada yg baca atau kagak yaa pasrah nich ihik ihik ihik.

    Tapi kmrn sempet ngobrol ama temen, kata nya penting banget biar sekali emndayung bisa dapat banyak.

    Balas
  14. RaAiFa

    Tahap awal ini saya mungkin tidak terlalu fokus dalam SEO mba, tapi bagaimana tulisan tulisan saya bisa bagus dan bermanfaat bagi orang lain 🙂

    Balas
  15. Ti

    Belajar seo itu memang penting banget gan, terutama bagi blogger yang ingin mencari penghasilan dari blognya dan blogger yang haus akan pengunjung.

    Nah, yang jadi masalah, belajar seo itu lumayan sulit dan butuh sumber informasi yang benar juga. Kalau sampai salah belajar karena sumber yang gak terpercaya, ya rugi waktu..

    Balas
  16. Myliferia

    Wah adik manis,

    Ma kasih yah. Diriku masih baru dengan SEO nih, masih banyak perlu dipelajarin 🙂

    Salah satu cara boleh tarik traffic ialah dengan install CommentLuv 🙂

    Balas
  17. panca

    hallo mbak ririn
    saya mau tanya apakah penting pemilihan judul ARTIKEL itu penting dalam teknik SEO?
    Soalnya ketika saya post artikel di blog dengan judul aneh ,, malah terindeks teratas di google
    malah ketika menggunakan judul dengan bahasa indonesia yang baik dan benar 😀 Malah tidak muncul,
    mohon pencerahan 😀

    Balas
    1. Ririn

      wah pengalaman yang sangat menarik mas, luar biasa. Menurut saya sih judul penting. Jadi sebaiknya judul artikel sesuai dengan keyword yang kita inginkan 🙂

      Balas
  18. Is

    Yang wolles kelles min hehe, no 2 lbh produktif bagi anda yg punya pemasukan di t4 kerjaan lain..

    Regard’s (BangRomi)

    Balas
  19. kosa kata bahasa inggris

    Saya pernah belajar SEO di trikmudaseo sama Mas Ricky. Bagus tenan, tapi masih timbul banyak pertanyaan juga. Soalnya kondisi blog/web setiap individu juga berbeda, jadi perlu perlakuan yang beda pula. Perlu pengamatan dan analisa sendiri dari setiap teknik SEO yang kita terapkan. Kira-kira begitu pendapat saya 🙂

    Balas
  20. Dedi Ariko

    Makin mantap aja cara nulis artikelnya mbak… Sudah lama gak berkunjung hehehe..
    Dari dulu sampai sekarang belajar SEO itu aneh. Gak ada hukum baku yang dapat diterapkan… dasar si mbah google semaunya aja mbak. Ada beberapa konten yang saya pikirkan mateng-mateng SEO nya kadang prestasinya jelek, eh ada beberapa artikel asal tulis aja malah bagus banget.

    Seandainya yang punya google itu tetangga saya, mungkin rumahnya udah tak lempari batu wkwkwk just kidding sist…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *