Membuat Jaringan Local

Apa sih yang sebenarnya dibutuhkan untuk membuay suatu jaringan local ( local area network). Sebetulnya untuk membuat suatu jaringan local tidaklah terlalu rumit bahkan ribet. Syarat yang perlu untuk di persiapkan adalah PC yang berfungsi untuk konfigurasi jaringan, Hub, NIC yang tertancap di PC, yang paling penting kabelnya jangan lupa ( kabel jaringan lho ya ) jangan kabel listrik, hehe. Konektor RJ 45, tang Crimper yang sangat di butuhkan untuk melakukan pemotongan , serta yang etrakhir alat tes untuk keberhasilan kabel yang akan di buat.

Jaringan computer merupakankumpulan dari beberapa computer yang saling berhubungan satu sama lainnya. Salah satu keuntungan yang bisa di dapatkan ketika menggunakan jaringan computer ini adalah kemudahan dalam melakukan pemindahan data, tidak perlu menggunakan flashdisk utnuk mengcopi serta menpastenya lagi. Kamu hanya tinggal menshare file yang ingin kamu kirim ke computer tujuan, maka computer yang di tuju pun akhirnya bisa mendapatkan file tersebut tanpa ribet. Selain itu, jaringan computer banyak di manfaatkan oleh warung internet untuk menghubungkan semua computer dengan satu printer, dan masih banyak lagi fungsi luar biasa lainnya.
Topologi merupakan arsitektur fisik jaringan, yang merupakan suatu cara menghubungkan computer satu dengan computer yang lainnya sehingga membentu jaringan. Untuk jaringan yang banyak beredar sekarang ini adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
Yang pertama topologi BUS, untuk bentuk dari topologi ini seperti gambar di bawah. Di dalam topologi ini banyak sekali kekurangan yang bisa di alami, dengan menggunakan satu kabel sebagai penyalur, maka diperlukan waktu yang cukup lama untuk mengantri pengiriman data agar data yang kita kirimkan tidak mengalami tabrakan data ketika semua computer melakukan proses pengiriman.

Kedua, topologi token ring. Namun pada umumnya sih jenis topologi ini sering disebut dengan ring saja. Tapi bukan ring tinju ya, hahaha. Ini merupakan cara untuk menghubungkan computer namun dengan model yang melingkar seperti ring. Untuk setiap simpulnya mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut dengan loop, data dikirim setiap simpul dan informasi yang diterima simpul di periksa alamatnya, untuk verifikasi. Untuk bentuk dari topologi ring sepeti gambar di bawah ini;
token ring

Ketiga, topologi Star. Topologi jenis ini mempunyai control yang terpusat, semua link maupun data harus melewati pusat penyalur yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Stasium primer atau server adalah stasiun pusatnya dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Bentuk Topologi Star terlihat pada gambar di bawah ini :

star

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

22 gagasan untuk “Membuat Jaringan Local

    1. Rina N Penulis

      iya, di warnet juga sudah tersedia. tapi gk di warnet aja kok,, itu semua tergantung dari keperluannya, di kantor juga biasanya menggunakannya

      Balas
  1. Eka

    seperti yg digunakan di warnet atau di Lab Komputer ya mba sistem Jaringan Lokal ini 🙂
    baru tau saya klo sistemnya begitu, terima kasih mba 🙂 sangat bermanfaat…

    Balas
  2. Aries

    Bisanya kendala dalam hal ini adalah pembuatan kabel jaringan itu sendiri, karena konfigurasi kabel yang terhubung antar komputer tanpa melalui hub berbeda dengan kabel yang melalui hub mbak..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *