Langkah Awal Mendatangkan Pengunjung di Blog

Langkah Awal Mendatangkan Pengunjung di Blog – Membuat blog memang sangatlah mudah, namun yang susah adalah untuk mendatangkan pengunjung di blog dan mengelola blog tersebut agar menjadi besar dan terkenal di Indonesia. Apalagi mendatangkan pengunjung hingga ribuan per hari pada blog yang dibuat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hingga detik ini pengunjung terbanyak berasal dari situs search engine yang dalam hal ini adalah Google. Agar blog bisa tampil di halaman pertama dan nomor urut satu google tidak mudah untuk kata kunci yang dicari banyak orang. Karena kita harus paham teknik SEO, baik onpage ataupun offpage.

Bagaimana Cara Mendatangkan Pengunjung di Blog Agar Bisa Ramai

Jika anda tidak mengerti teknik SEO dan tetap ingin mendatangkan pengunjung di blog anda, sebagai langkah awal ada baiknya mencoba cara-cara dibawah ini.

Langkah Awal Mendatangkan Pengunjung di Blog

1. Submit artikel ke google webmaster
Google webmaster tools tidak hanya digunakan untuk mendaftarkan url blog anda saja, tetapi bisa dipakai untuk submit url artikel anda. Setiap membuat artikel jangan lupa untuk mensubmitnya di google webmaster. Cara untuk submit url artikel yaitu kunjungi google webmaster pastekan url anda di kotak url lalu isi kode captcha dan klik submit url.

2. Berbagi artikel ke social media
Selain search engine, social media juga bisa dipakai untuk mendatangkan pengunjung di blog anda. 3 sosial media yang terbaik untuk berbagi artikel adalah google plus, twitter dan facebook. Setiap membuat artikel, usahakan berbagi / share artikel ke 3 sosial media tersebut. Untuk share artikel di facebook anda bisa membaginya secara langsung di facebook anda atau di fanspage blog pribadi anda.

3. Submit artikel ke fanspage
Mensubmit url artikel di fanspage berguna menarik pengunjung di blog anda. Fanspage yang dimaksud disini bukanlah fanspage pribadi milik anda, melainkan fanspage milik orang lain yang bersedia menerima kiriman artikel. Carilah fanspage facebook dengan topik sesuai artikel anda lalu pastekan url artikel anda dan kirimkan. Jangan lupa untuk mencari fanspage dengan anggota ribuan sebagai tempat mengirim artikel. Sebagai contoh anda menulis artikel tentang internetan gratis, maka carilah fanspage internetan gratis lalu kirimkan artikel anda.

4. Submit artikel ke social bookmark
Sosial bookmark adalah tempat yang bagus untuk mensubmit artikel anda. Selain memiliki pengunjung yg banyak, artikel anda akan lebih mudah terindeks oleh google. Ada banyak situs sosial bookmark yang bisa dicoba untuk submit artikel anda. Namun ada baiknya anda mencoba submit artikel di lintas.me ataupun vivalog.

5. Lakukan blogwalking setiap hari
Blogwalking berguna untuk menjalin persahabatan antara sesame blogger dan juga sebagai backlink di blog anda. Selain itu, blogwalking juga untuk membuat artikel yg anda posting dikomentari oleh blog yg anda kunjungi. Komentar di setiap artikel akan mempercantik blog anda. Pengunjung yg datang akan senang melihat artikel yg dibacanya memiliki banyak komentar. Selain itu komentar yg banyak di sebuah artikel akan menjadi nilai tambah jika ingin membuka lapak iklan mandiri di blog anda.

6. Menjadi Guest Blogger / Penulis Tamu Di Blog Terkenal
Guest Blogger atau penulis tamu bisa dipakai untuk mendatangkan pengunjung di blog anda. Saat ini saya sendiri, Dian Puspa Ayu, sedang mencoba menjadi penulis tamu di blog cara-ririn.com. Untuk menjadi guest blogger, carilah blog dengan traffik yang banyak dan juga sesuai niche blog anda. Bacalah peraturan menjadi penulis tamu di blog tersebut lalu mulailah membuat artikel yg sesuai dan kirimkan.

Nah kawan, saya kira sekian dulu artikel saya. Semoga saja artikel saya yang berjudul Langkah Awal Mendatangkan Pengunjung di Blog bisa membantu anda yang lagi berusaha mendatangkan traffic di blog anda. Saya sendiri hanyalah seorang blogger pemula yg sedang berusaha membangun traffik untuk blog saya.

Sebagai seorang blogger,pengunjung adalah hal yang sangat penting untuk blog. Tanpa pengunjung apalah gunanya blog. Dengan banyak visitor di blog akan sangat berguna, terutama bagi yang ingin menghasilkan uang dari blog yang dibangunnya. Sekian dan terima kasih.

*) Artikel ini adalah kiriman dari Sdri. Dian Puspa Ayu, pemilik Blog Dianpuspaayu. Kamu juga bisa mengirimkan artikel untuk diterbitkan di Blog Cara Ririn. Silahkan submit posting terbaik kamu di halaman Guest Blogger.
Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

95 gagasan untuk “Langkah Awal Mendatangkan Pengunjung di Blog

  1. dede

    Yang paling mujarab adalah dengan BW ( blogwalking ) otomatis blog kita juga akan dikunjungi mereka yang pernah kita kunjungi,,,coba dech hehehe

    Balas
  2. Fendy

    Dari semua poin di atas, sepertinya blog walking adalah yang paling ampuh untuk mendatangkan visitor. Namun syngnya, tehnik tersebut kurang maksimal, scara visitor yang datang bukan visitor organik. Dalam artian visitor yang boleh di katakan visitor OOT.. Ya contohnya saya ini. Hehehe.. 😉

    Balas
  3. muhlis

    terima kasih banget tips mbak ririn. sebut aja mbak ririn karena nama situsnya ada ririnya. tips tulisan diatas benar-benar makyus dan sya sudah tau knp situs sya sepih karena tidak melakukan langkah” diatas. hahah…

    Balas
  4. Zahra

    Terima kasih mba/mas yang sudah menulis artikel ini,karena bisa buat aku jadi tambah wawasan tentang web,,,,,karena saat ini aku lagi belajar website.

    sewabuspariwisatajogja.com

    Balas
    1. Dian Puspa Ayu

      syarat untuk jadi guest blogger ngak nentu tergantung pemilik blognya,,,
      contohnya blog mbak ririn coba arahkan kursor ke arsip lalu klik penulis tamu,,,
      silahkan lihat syarat agar bisa jadi guest blogger di blog ini,,,
      mbak ririn orangnya ramah buktinya saya yg masih pemula dalam ngeblog artikelnya bisa diterima,,,
      yang penting artikelnya sesuai tema dan bermanfaat pastinya akan diterima …

      Balas
  5. mysweet ladyluck

    BW ku pertama d sini… menyenangkan rmh mb ririn rameee, sdh dterapkn slh 1 cara dg link url di FB. dg pasang tombol like FB di blog, yg like n komen di FB akan nongol angka/jmlhnya. terimaksih mb ririn .. salam kenal juga utk sahabat semuaaaa.

    Balas
    1. Dian Puspa Ayu

      saya bukan pakar dalam hal ngeblog,,,
      blog sendiri ngeblog hanya sekedar hobby dan saya jarang update blog,,,
      blogwalking yang benar seperti berkunjung ke sebuah blog lalu berkomentar sesuai artikel yg dibuatnya,,,
      komentarnya jangan terlalu pendek tapi agak panjang sedikit biar ngak dikira spam …

      Balas
  6. Admin Motroad

    Mbak ririn… saya mau tanya apakah traffic yang diperoleh bukan dari organic search (contoh dari share sosial media) itu lebih rendah kualitasnya dibanding traffic dari organic search (mesin pencari)..

    karena blog saya motroad.com lebih banyak dari social media.. sedikit yang dari organic searchnya

    Terima kasih

    Balas
  7. lanjar

    lumayan udah beberapa tahap yang sudah saya lakukan yanga sesuai dengan arahan mbak,salah satu perbedaan antara pemula dengan yang sudah master yaitu pemula baru beberapa tapi sang master sudah melakukan banyak cara,,senang bisa berkunjung disisni.

    Balas
  8. hayalannews

    salah satu trik yang paling jitu adalah dengan mempromosikan di sosial media seperti facebook, atau juga bisa dengan menggunakan trik seperti pada artikel saya ini

    Balas
  9. HeruSatria

    Wah, kayak nya harus belajar terus….terus…terus… dan terus ini saya mbak. Punya blog sejak 2009 tapi ya gitu-gitu aja penunjungnya. Makasih mbak infonya, kuncinya praktek…praktek…praktek…praktek…praktek… Semangat dan pantang menyerah!!! Salam kenal mbak… Tapi saya masih belum mengerti tentang social bookmark hehe…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *