Kegagalan Blogger Adalah Awal dari Keberhasilan

Kegagalan Blogger Adalah Awal dari Keberhasilan – Menyimak dengan seksama artikel yang ditulis dengan apik dan rinci oleh saudara Elan Suherlan yang berjudul Penyebab Blogger Gagal pada beberapa waktu yang lalu di blog cara-ririn.com, admin mencoba berfikir sejenak, dan ternyata admin dulu pernah mengalaminya 😀

Admin memang belum begitu lama terjun di dunia blogging. Baru sekitar awal tahun 2013, admin baru bikin blog dan mencoba untuk terus konsisten sampai sekarang. Ketika awal-awal ngeblog, admin dulu masih pakai platform blog gratis dari Blogger / Blogspot untuk ngeblog.

Kegagalan Blogger Adalah Awal dari Keberhasilan

Salah satu teman admin di dunia blogging yang masih konsisten ngeblog hingga akhir tahun 2014 ini diantaranya Juragan Cipir, Dan For Blogg, Purnomosymb19, Wisma Kreatif dan masih banyak lagi. Para blogger tersebut menurut admin adalah blogger tangguh yang terus konsisten ngeblog sampai detik ini.

Admin blog cara-ririn.com memang belum bisa dibilang sukses. Pasalnya, admin belum bisa beli mobil dan rumah dari hasil ngeblog seperti Linda Ikeji (blogger nigeria). Tapi setidaknya, admin kini sudah bisa merasakan indah nya ngeblog. Kan kesuksesan ngeblog tidak selalu identik dengan meteri atau penghasilan uang, akan tetapi bisa juga diukur dari sebuah pencapaian yang sudah diperoleh nya.

Admin masih ingat betul dulu saat masih ngeblog di Blogger/Blogspot. Berbulan-bulan ngeblog dan pada waktu itu, admin pasang iklan adsense di blog. Berharap bisa menghasilkan uang banyak dari blog, tapi ternyata admin baru bisa menghasilkan uang dari adsense setelah 10 bulan ngeblog. Tentunya bukan waktu yang sebentar. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menjadi sebuah masalah, karena ngeblog adalah bagian dari hobby. Ya, bisa dibilang happy fun getu deh 😀

Klimaks nya pada akhir tahun 2013, tepat nya pada bulan Desember. Admin merasa galau berat, lantaran blogspot kesayangan admin dihapus oleh pihak Blogger/Google dengan alasan tindakan spam. Mungkin kejadian tersebut adalah kegagalan terbesar yang pernah admin rasakan. Pasalnya, blog tersebut sudah lumayan baik dari segi traffic, alexa rank, backlink, popularitas, seo, dll.

Untung saja admin blog cara-ririn.com memiliki sahabat blogger yang baik hati dan tidak sombong. Mereka dengan suka rela mereview blog saya, dan memberikan motivasi yang sangat berharga. Berkat dorongan dan masukan dari sahabat blogger tersebut, akhir nya admin bangkit lagi dan bikin blog baru di wordpress tepat setelah 1 minggu blogspot admin dihapus.

Setelah admin punya blog wordpress ini, banyak apresiasi dari sahabat blogger. Dan mereka selalu mensupport admin, sehingga admin pun semakin rajin dan giat dalam ngeblog. Dan akhir nya di tahun 2014 ini (Januari – November), traffic blog cara-ririn.com lumayan tinggi dan stabil. Tidak hanya itu saja, banyak juga para sponsor yang sudah mampir di blog cara-ririn.com 😀 Tentu semua itu tidak lepas dari do’a dan dukungan dari teman-teman blogger sekalian.

Dari cerita diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa para blogger hendaknya jangan mudah menyerah saat mengalami kegagalan dalam ngeblog. Tujuan ngeblog boleh-boleh saja untuk menghasilkan uang, tapi kita harus sabar. Kunci nya harus konsisten dan tetap semangat. Jangan mudah puas dengan apa yang telah kita capai dalam ngeblog. Jadi kita harus tetap menimba ilmu blogging dari para blogger senior.

Yang terpenting lagi adalah kita ngeblog tidak sendirian, tapi ada banyak blogger yang menunggu kehadiran kita untuk bergabung menjadi anggota komunitas blogger. Jadi, peran teman sangat penting, karena dengan adanya mereka lah kita bisa sukses, bisa populer, bisa happy, bisa semangat, dll.

Ngeblog di platform gratis dan berbayar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tapi, jika kita ngeblog masih tahap pemula, atau baru belajar ngeblog, sebaiknya gunakan platform blog gratis, karena lebih mudah pengelolaannya. Namun, jika kita sudah lama ngeblog (misal sudah 1 tahun lebih), kita bisa mencoba platform blog berbayar, agar kita bisa lebih serius lagi ngeblog nya.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

15 gagasan untuk “Kegagalan Blogger Adalah Awal dari Keberhasilan

  1. Indra Kusuma Sejati

    Kelabihan dari seorang blogger yang banyak bergaul dia selalu mendapatkan motivasi dari beberapa rekan, dan banyak ko blogger senior yang selalu membantu kalau saja kita terus mau belajar ya Mba, danhasilnya sekarang cukup baik dan bisa menghasilkan dari mengelola sebuah blog yang bagus ini. 😀

    Salam

    Balas
  2. Kang Ucup

    beberapa waktu tidak mampir kemari ternyata blog mbak ririn semakin mengalami kemajuan. kalau dilihat sponsornya sudah bertambah lebih banyak lagi. memang benar apa yang dikatakan pepatah bahwa kegagalan adalah awal dari kesuksesan. kapan ya bisa sukses seperti mbak ririn 🙂

    Balas
  3. oktavia lee

    sangat termotivasi, untk skrg aq ngeblog mngkin hya untk hobby saja, karna kalo untk uang, harus sadar diri dngn kualitas konten yg sngat buruk..!hehe.. Tp yg bkin galau berat, blog q terkena sandbox,, apa mungkin itu jg awal kbrhasilan ya, semoga.

    Balas
  4. Muhammad Nuhan Nahidl

    Wah… saya mulai ngeblog pada tanggal 4 April 2014 jadi saya tidak tau jatuh bangunnya mbk ririn ngeblog. Pertama tau blog cara-ririn.com saya taunya udah besar dan banyak pengunjung. Ternyata besar juga ya tantangan dan rintangan berdirinya blog cara-ririn.com

    Balas
  5. Tan Pah Kaa

    Pertama saya dengar judul artikel ini, saya langsung tersudut, eh tersinggung. Ya. hehe…
    boleh dikata, sya masuk salah satu dari blogger yang gagal…. hehehe
    Makasih atas sharenya ya..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *