Kalau Ada Yang Gratis, Kenapa Mesti Bayar?

Kalau Ada Yang Gratis, Kenapa Mesti Bayar? – Admin cara-ririn.com teringat dengan kata-kata tersebut yang ditulis oleh sahabat blogger di kotak komentar blog juragan cipir. Kalau nggak salah yang menulis komentar tersebut adalah saudara afrid francisco hehe 😀

Kata-kata tersebut merujuk pada eksistensi blog berbayar, yakni blog wordpress selfhosted. Memang tidak salah dengan kata-kata tersebut, karena memang di dunia maya ini ada blog gratis dan ada juga blog berbayar. Itu adalah pilihan bagi para blogger untuk memilih platform mana yang terbaik dan yang disukai nya.

Kalau Ada Yang Gratis, Kenapa Mesti Bayar?

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika admin cara-ririn.com awal-awal ngeblog (april 2013) juga menggunakan platform blog gratis dari blogger/blogspot. Admin masih pakai alasan klasik pada waktu itu, yaitu masih suka platform gratis. Karena selain mudah digunakan, juga nggak ada tanggungan untuk bayar biaya hosting dan domain setiap tahun nya.

Namun, sayang nya admin cara-ririn.com dibuat kecewa oleh platform gratis blogspot. Yakni blog kesayangan admin di blogspot dihapus oleh google dengan alasan yang tidak jelas. Dari situlah admin mulai sadar bahwa ngeblog di blog gratis memang tidak selama nya enak, alias ada ancaman nya juga, yakni blog bisa kapan saja dihapus oleh pemilik nya.

Dari situ, tanpa banyak berfikir, admin cara-ririn.com kemudian memutuskan untuk pindah platform saja, dari blog gratis ke blog berbayar, yakni wordpress selfhosted. Tepat nya bulan desember 2013. Alhamdulillah sampai sekarang tahun 2015 ini, blog cara-ririn.com masih terus eksis di dunia maya.

Pada awalnya memang ragu untuk beli domain dan sewa hosting, karena tidak punya pengalaman sama sekali di platform wordpress. Tapi berkat bantuan admin penyedia layanan hosting, admin jadi sedikit-banyak tahu seluk beluk hosting, wordpress, theme, plugin terbaik, dan masih banyak lagi.

Kalau Ada Yang Gratis, Kenapa Mesti Bayar? Ini sebenarnya cenderung merujuk ke sebuah prinsip ekonomi. Yakni modal bisnis usaha yang sekecil-kecil nya, kalau bisa gratis, dan bisa dapat penghasilan yang sebesar-besar nya. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan blogger indonesia bikin blog untuk tujuan menghasilkan uang.

Namun, perlu kita sadari juga bahwa untuk mendapatkan uang dari blog tidak mudah. Tidak ada cerita nya blogger dalam satu malam bisa dapat uang banyak. Bisa dipastikan itu blogger lagi mimpi. Yang jelas bahwa butuh waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk bisa dapetin uang melalui blog.

Kebanyakan dari kita (terutama blogger yang punya niat untuk cari uang), lebih sibuk memikirkan bagaimana cara nya mendapatkan uang dari blog, bagaimana pasang iklan adsense agar di klik banyak orang, bagaimana cara nya biar bisa diterima oleh adsense, dan lain-lain. Yang dipikirkan bukan bagaimana caranya agar blog bisa besar dan terkenal serta punya pengunjung yang banyak.

Tidak heran jika blogger yang bergelut di dunia adsense lebih cenderung bikin blog banyak lebih dari satu, daripada mengelola satu blog dan membesarkan satu blog. Karena mereka beranggapan bahwa semakin banyak blog, maka semakin banyak pula penghasilan adsense nya.

Sahabat blogger indonesia yang saya hormati. Mari kita berfikir dengan jernih eksistensi sebuah blog. Ngeblog di blog gratis atau pun di blog berbayar adalah sebuah pilihan. Jadi publisher adsense atau tidak, itu juga pilihan masing-masing blogger. Dan hanya kita sendiri yang bisa menentukan mana yang terbaik untuk diri kita sendiri. Keep spirit and happy blogging always 🙂

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

2 gagasan untuk “Kalau Ada Yang Gratis, Kenapa Mesti Bayar?

  1. Jalur Indie

    yup benar sekali mbak ririn, intinya hanya sebuah pilihan, mau pilih pro dengan full control? atau free dengan aturan dari penyedianya. Pada dasarnya akan sama saja, baik pro maupun free, tinggal bagaimana pengelolaannya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *