Cara Menentukan Tarif Iklan Mandiri di Blog Anda

Cara Ririn – Apabila anda ingin mendapatkan penghasilan bulanan dari blog yang anda kelola, anda bisa membuka lapak iklan mandiri. Caranya nggak ribet, mudah, cepat dapat duit, dan yang pasti sangat menguntungkan. Nah, biasanya yang menjadi kendala saat kali pertama membuka space iklan adalah piye carane golek advertiser? Dan yang kedua adalah bagaimana Cara Menentukan Tarif Iklan.

Paling-tidak, dua pertanyaan itulah yang saya alami saat itu. Berkat masukan dan saran dari SaudaraΒ Hasby Ash Shiddiq (owner Disketku.com) dan kemudian saya membaca berbagai referensi, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuka iklan mandiri di blog saya. Alhamdulillah mulai dari situ saya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blogging activity.

Baiklah agar cuap-cuap nya tidak terlalu kepanjangan, mari kita intip Tips Cara Cara Menentukan Tarif Iklan Mandiri di Blog Anda. Sebelumnya jangan lupa baca juga Cara Agar Blog / Website Muncul di Google. Berikut adalah uraiannya.

1. Bandingkan tarif iklan di blog lain

Pertama-tama, silahkan cari blog lain yang sudah ada iklan mandiri. Pasti ada banyak blog yang sudah menyediakan space iklan mandiri. Anda tinggal membandingkan saja tarif iklan antara blog satu dengan yang lain. Lalu ambil harga rata-rata. Mudah kan? hehe :mrgreen: Namun, apabila anda masih baru terjun di iklan mandiri, sebaiknya tarif iklan dibuat semurah mungkin. Tujuannya agar bisa memikat para calon pemasang iklan.

2. Letak/posisi iklan

Semakin iklan kelihatan dan semakin tinggi jumlah kliknya, maka harga iklan semakin besar. Biasanya para advertiser cenderung lebih suka letak/posisi iklan di header blog, karena iklan mereka bisa kelihatan secara jelas oleh para pengunjung blog.

3. Ukuran iklan

Semakin besar ukuran banner iklan, maka tarif iklan nya juga semakin tinggi. Anda harus membedakan antara tarif iklan 728×90 (horizontal besar) dengan tarif iklan 300×250 (persegi/kotak).

4. Jumlah traffic blog

Traffic blog adalah nyawa dari iklan mandiri. Adalah sangat jarang sekali para pemasang iklan yang bersedia memasang iklan nya di blog yang sepi pengunjung. Jadi, sebelum anda memutuskan membuka lapak iklan mandiri, silahkan fokuskan diri pada traffic. Ya, minimal 1 hari blog anda mempunyai traffic 1.000 pageview/hari. Kalau lebih, itu malah lebih bagus. Nah, semakin tinggi traffic blog anda, maka semakin tinggi tarif iklan nya.

Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Menentukan Tarif Iklan Mandiri di Blog Anda. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Cara Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas atensinya.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

64 gagasan untuk “Cara Menentukan Tarif Iklan Mandiri di Blog Anda

  1. Bang Dayat

    wah, makin lancar saja iklan mandirinya mbak, saya belum siap ni buat iklan mandiri karena visitornya masih sedikit. Fokus naikkan visitor dulu nih.

    Balas
    1. Aden Atah

      Lancar sih iya , tapi kenapa iklannye begitu semua πŸ˜€
      Sama … blog saya belum siap dipasang iklan mandiri , pasti belum ada yang mau pasang…
      untuk sementara pasang adsense dulu aja.
      masih berusaha konsisten menulis

      Balas
  2. fauzy ahmad

    wah tambah rame aja nih iklannya, sekedar saran bisa tambah lagi donk mba tentang iklan mandiri baik itu mengenai sumber penghasilan dari sistem ikaln mandiri apakah menggunakan sistem klik juga atau hanya kontrak dari per space iklan..sebenarnya 2 minggu kemarin sempat pageview sampe 1500 an tapi g tau kenapa tiba terjun bebas ke kisaran 300 an..ha..ha..ha..kayaknya kena pinalti nih dari mbah google

    Balas
  3. Agus Supriyono

    Trafik blog masih menjadi kendala ni mba ririn masih jauh dari 1000, terimakasih berbagi pengetahuannya

    Balas
  4. Fazri

    Situs yang menggunakan iklan mandiri itu keliatan lebih profesional ya.
    Namun sulit sekali untuk mendapatkan calon pengiklan πŸ™‚

    Balas
  5. Nandar

    Kalau buat yang awal-awal mungkin dibuat harga murah dulu ya.. Bagusnya gimana bikin yg paket bulanan atau tahunan ya?..

    Balas
  6. Jery yanuarlan

    nah kebetulan saya sedang bingung mbak hehe…
    terima kasih, bisa jadi pegangan saya kalau mau buka lapak nanti πŸ™‚

    Balas
  7. Abed Saragih

    Untuk tahap awal harga yang dibuat sesuai tarif normal setelah itu harganya bisa sedikit dinaikkan secara perlahan-lahan

    Balas
  8. Rizkyzone.com

    kalau saya mah, sepertinya poin 4 mb’, trafik masih sangat dikit jadi, gt deh belum berani buka lowongan iklan

    Balas
  9. dede

    Saya tahu blog saya trafficnya masih sangat rendah,tapi PD aja mbak hehesiapa tahu ada yang berminat,makanya saya pasang space Iklan hehehe

    Balas
  10. Indra Kusuma Sejati

    Memang lebih enak kita memiliki space iklan mandiri di blog kita, apalagi bila pengunjung dan traffic blog kita sudah tinggi tentu penawaran yang akan kita dapatkan bisa kita pilih untuk sebuah iklan mandiri yang akan di pasang di blog kita ya Mba.

    Salam

    Balas
  11. Lowongan Kerja SMK Terbaru 2014

    caranya nyari pengiklannya gmn ya mbak caranya ? klo smisal pageviewnya udah lebih dari 1000 ??

    Balas
  12. Virlyz Nyzam

    Wah pas banget kemaren ada yg nanyain ke saya, untuk pasang iklan di blog saya yg satunya..tapi saya belum kepikiran untuk memasang iklan,,,

    Balas
  13. baharudinwahida

    ok lah mbak. nanti kalau pengunjung blog saya sudah melimpah..bisa buka layanan payang iklan dan menentukan biaya/tarifnya.

    Balas
  14. Anthonie Eka

    yang penting trafiknya banyak dulu yah mbak, kalau udah banyak dapat dengan mudah menggaet orang yang mau pasang iklan di blog kita, makasih sharingnya mbak πŸ™‚

    Balas
  15. Kisah Foto

    Sejauh ini baru satu iklan nyangkut di blog saya selain adsense mbak, kontrak seumur hidup sama blognya, hehehe πŸ˜€

    Balas
  16. Rusdanesia

    nah poin yang terakhir yang paling sulit,,, bisa kasih tipsnya donk mbak agar visitor klita meningkat,,, hehehhe

    Balas
    1. Ririn

      Patokannya adalah traffic mas. Minimal 1.000 pageview / hari. Data traffic yang valid dari Histats dan Google Analytic πŸ™‚

      Balas
  17. Ghufron

    Tips yang sangat bermanfaat, tapi sayang karena blog saya yang berisi artikel seputar tablet masih sepi sehingga belum layak untuk dipasang iklan mandiri….

    Balas
  18. ATN

    Om Admin, saya mau nanya nih. saya kan punya usaha koleksi batu permata nah akhir2 ini kepingin bikin website toko online. terus kalo seumpama toko online sudah jadi dimana ya tempat yang cocok beriklan yang murah untuk pemula usaha selain di Google Ad*sen ?

    Balas
    1. Ririn

      untuk pasang ikklan yang murah, anda bisa pasang iklan di situs pasang iklan baris gratis, atau bisa juga di blog-blog personal, karena tarifnya tidak begitu mahal πŸ™‚

      Balas
  19. Anggi Herman

    kalau trik untuk menarik para pemasang iklan gimana mbak ?! boleh bagi dikit dong, saya melihat iklan di blog mbak ini selalu ada pemasang iklan tiap bulan padahal trafik mbak menurut saya masih tergolong standar saya pernah melihat trafik blog caraseobali yang mencapai 36.000 perhari tapi pemasang iklan tidak seramai blog mbak.

    Balas
  20. Gatut Sukmono

    Sepertinya senang ya kalau sudah sampai tahap kesitu, perjuangan awal untuk mencapai traffic yang begitu besar tentu menjadi sebuah cerita tersendiri.

    Saya pribadi pengen bisa seperti itu, tapi masalah traffic belum memadai, maklum blog baru juga.. Mudah2n dengan membaca tips-tipsnya mba ririn bisa mengikuti jejaknya juga.. Trima kasih..

    Balas
  21. ikla

    Kalau blog yang masih baru, kira-kira uda bisa belumnya, walaupun trafik masih dibawah seribu, berapa kisaran harga yang harus diberikan

    Balas
  22. Ping-balik: Tips Memasang Iklan di Blog Website Orang Lain | Cara Ririn

  23. LendirSakti

    mau tanya, kebetulan sya baru main web nih..blm ada sebulan, kalau untuk content becek atau adult kira” brp harga yang pantas ya ??
    web blm ada genap 30 hari saya garap,untuk visitor ini rekap dari cpanel
    masi berangsur naik krna web masi tergolong baru
    prntscr.com/53awn5
    mohon pencerahanya master thx

    Balas
  24. Reinaldi

    pageview saya baru 500 dengan visitor rata-rata 200 lebih udah ada mau pasang iklan di blog saya, tapi saya tolak dulu fokus mau ningkatin trafik dulu.

    terima kasih ya cara menentukan tarif iklan nnya.

    Balas
  25. ilham al akbar

    Mbak atau Om , Saya mempunyai Trafic Blog diatas 3000 perhari dan Terkadang bisa tembus 13000 Perhari , blog saya seputar HACKING dan CHEATING jadi gak bisa pasang ADSENSE !
    Saya mencari orang yang mau pasang IKLAN tp mbak saya bingung untuk HARGA Pemasang iklan berapa ?
    Kalau bisa balas komentar saya ya , ! ! !

    Balas
    1. Ririn Penulis

      utk pertama kali buka iklan mandiri, sebaiknya tentukan tarif yang murah dulu. Yakni Rp 50 ribu / bulan untuk pasang banner di blog anda. Nanti kalau blog anda sudah pakai hosting dan domain sendiri, baru bisa lebih mahal harga/tarif iklan nya πŸ™‚

      utk meyakinkan para advertiser, silahkan tunjukkan statistik traffic online yang akurat, yakni histats πŸ™‚

      Balas
  26. Zona Kurohige

    Blog saya masih minim pengunjung, jadi metode monetize apapun masih mustahil menghasilkan uang yang banyak πŸ™‚ Tapi saya rasa direct ads (iklan mandiri) metode yg tepat. Jadi saya bookmark dulu ya mbak, tunggu pageview bagus dan alexa rank ramping πŸ˜€

    Jangan lupa mampir lho mbak πŸ™‚

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *