Cara Mempercepat Loading Blog – Wawancara Eksklusif bersama Dory Saputro – Blog SEO Friendly 2013

Cara Ririn – Saya sangat senang ketika berkunjung di blog saudara Dory Saputro. Selain konten yang disajikan berkualitas, loading blog yang visitor friendly, luar biasa sangat ringan. Saya cek di Google Pagespeed Insight blog tersebut mempunyai skor 100% untuk versi desktop/PC dan 100% untuk mobile. Bisa dibilang perfect loading blognya, bahkan situs Google.com sendiri jauh wkwkwk 😀

Saya mengenal Saudara Dory Saputro mungkin bisa dibilang kemarin. Entah berawal dari mana pertemuan itu. Mungkin bisa jadi berawal dari adu argumen perihal kotak komentar blog, yang kebetulan blog beliau tidak ada form komentarnya. Namun, sekarang akhirnya blog nya sudah ada kotak komentarnya.
Cara Mempercepat Loading BlogMungkin bagi para pembaca Blog Cara Ririn sudah ada yang kenal dengan Saudara Dory Saputro. Mungkin aja ada yang belum. Beliau merupakan Admin Blog SEO Friendly 2013 yang beralamatkan di http://blog-seo-friendly-2013.blogspot.com/ . Sekilas tidak ada yang istimewa di blog tersebut. Karena mungkin blog nya hanya berupa tulisan teks semua alias polos. Yang ada hanya ada 1 iklan teks saja dibagian header. Selain itu, nampaknya blog tersebut menggunakan template responsive yang mana layar blog nya terlihat penuh baik di versi desktop maupun versi mobile.

Dibalik kesederhanaan blog tersebut, ternyata loading nya super ringan. Bahkan dalam hitungan detik, blog terebut sudah terbuka ketika diakses, walaupun kita menggunakan internet yang lemot.

Dari situlah saya penasaran dengan keunikan dari Blog SEO Frienldy 2013. Saya ingin mengetahui lebih jauh perihal Bagaimana Cara Mempercepat Loading Blog. Karena apabila loading blog kita ringan, maka akan mempermudah pengunjung dalam mengakses blog kita.

Baiklah agar introduksinya tidak terlalu kepanjangan. Mari kita simak hasil wawancara dengan saudara Dory Saputro.
Keterangan:
R: Ririn
D: Dory Saputro

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

59 gagasan untuk “Cara Mempercepat Loading Blog – Wawancara Eksklusif bersama Dory Saputro – Blog SEO Friendly 2013

  1. baho punya

    sangat menyenangkan yaa mbak wawancaranya, selain untuk menambah ilmu mendapatkan pengalaman yang tak ternilai, kapan – kapan saya mau wawancarin adminnya cara-ririn deh
    😀 😀

    Balas
  2. Ti

    Kecepatannya ngeri banget, ane cek di numion cuma butuh waktu 0,535 detik (kurang dari 1 detik) untuk ngeload halaman depannya.

    Balas
  3. kiki

    iy ya mbak saya sudah berkunjung kesana.. walah enteng banget cuma tinggal mengedipkan mata udah langsung ke buka.. pdhl polos banget blognya gak macem2.. memang master orang ini mbk 🙂

    Balas
    1. Anthonie Eka

      sama mbak blog saya juga lemot, mau benerin nggak ngerti caranya hehe…
      mudah-mudahan lewat artikel ini bisa membantu mengatasi masalah loading blog yang lemot 🙂

      Balas
  4. aldinosya

    tampaknya ane,, mw bikin kopi dulu nih…pembahasannya seru…sekalian ngeronda sementara di blog…ini…maap y mba rin..ane permisi dolo…kalau ntr malam ada suara kresek2 di blog ini…tau ajalah itu ane…heheheh

    Balas
  5. hekos

    kalau soal loading blog sya undur diri.. cuma tmbus 79/100

    maklum gk phm..

    sekedar info.. 2hr ini saya tdk bsa akses blog ini dengn PC, dlm perbaikn kah???
    Admin: hekos soft

    Balas
  6. Anthonie Eka

    artikelnya sangat bermanfaat sekali mbak, saya memang mengalami masalah dalam hal loading blog dan sudah berusaha untuk memeperbaikinya tapi masih bingung, dengan tips di atas pastinya sangat membantu sekali mbak, makasih 🙂

    Balas
  7. Sh

    Puas dan lega sudah selesai baca 5 tulisan berturut mbak ririn, dipikir-pikir, dianalisa sampai 3 jam juga saya bacanya. Mantab

    Balas
  8. Mizz Aiza

    sangat berguna hasil dari wawancara ini untuk kita praktikkan.. saya masih kurang jelas mengenai fungsi speed insight itu, sukar juga untuk mematuhi 10 rules yang telah ditetapkan..

    Balas
  9. Dory Saputro

    Saya ikut nyimak aja dulu ya mbak. Mudah-mudahan bisa nambah pengalaman baru lagi tentang cara membuat halaman blog lebih cepat loading.

    Balas
  10. ahsanba

    Ada satu hal yg jadi pikiran mbk ririn,, saya heran kenapa kalau dicek di insight google & pingdom, mereka punya hasil yg berbeda, bahkan jika insight google bagus, di pingdom malah jatuh, begitu juga sebaliknya. ada yg bisa bantu memberi penjelasan?

    Balas
    1. Dory Saputro

      Jika yang di maksud Mas Ahsan adalah tools pingdom dot com. Situs ini menyajikan timeline atau waktu yang diperlukan browser untuk loading dari masing-masing url http request eksternal (bisa berupa elemen html, script(js), image, style , atau elemen lainnya) yang terdapat dalam html template blog kita.

      Pendapat saya mengurangi jumlah http request dalam blog kita akan berdampak sangat baik untuk kecepatan loading halaman blog tersebut. Bagaimana cara nya ? Semua sudah di atur dalam rules pagespeed insights.

      Misalnya kita ingin minimalkan timeline dari js (script) yang ada dalam blog kita, yang bisa kita lakukan mungkin dengan mematuhi rules pagespeed insights: Remove Render-Blocking Javascripts, atau bisa juga dengan cara Use Asynchronous Scripts.

      Sedangkan untuk score tools pingdom melihat dari 2 aspek:

      1. Performance grade atau pagespeed performance: Adalah usaha apa saja yang telah kita lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog kita dari mematuhi rules yang terdapat di speed insights. Saya rasa tools pingdom sendiri melihat performance speed dengan pedoman yang ada dalam speed insights.

      2. Score yang kedua tools pingdom di ambil dengan membandingkan loading time yang di perlukan blog kita dengan semua situs yang pernah di cek di tools pingdom itu sendiri. Misalnya your website is faster than 80% of all tested websites, saya misalkan saja website yang pernah di tes di tools pingdom sebanyak 100.000 websites dan skor yang kita dapat adalah 80% maka kecepatan loading blog kita lebih cepat dari 80.000 website yang pernah di tes.

      Kesimpulannya terdapat keterkaitan yang erat antara antara score yang di berikan tools pingdom dengan rules speed insights. Semakin banyak kita bisa mematuhi rules yang ada di speed insights, semakin sedikit waktu yang di perlukan browser untuk load blog kita dan ini bisa terlihat di laporan tools pingdom.

      Tapi semua ini hanya pendapat saya. Semoga bisa membantu Mas Ahsan.

      Balas
    2. ahsanba

      Benar sekali Mas Dory. Penjelasannya panjang sekali, terimakasih banyak tipsnya. ^_^
      Saya sempat mikir mungkin algoritma di mesin punya pingdom sedikit beda dengan insight, alias gak up to date dengan rules insight karena saya perhatikan di pingdom ternyata tidak mempermasalahkan kompresi maksimal untuk pengoptimalan gambar saat saya lihat di perf. grade sedangkan score insight ikut menghitung semua nilai persenan dari kompresi maksimal gambar yg bisa dimampatkan, jadi jatuhnya ternyata disitu.-_-‘

      Balas
  11. Mas Wira

    wah belum berani main seo-seoan, karena beli domain aja baru kemarin, jadi masih takut dikira nyepam ama pak dhe G, baydeway thank mbak Ririn, very usefull knowledge nih

    Balas
  12. Arie Gond3s

    inline kode kode js memang sangat membantu ya mbak dalam meningkatkan pagespeed, tapi ada kalanya kita tidak bisa menggunakan trik tersebut untuk mengakali pagespeed semisal jika js tersebut berukuran besar maka kita tidak bisa melakukan inline mbak, karena hasilnya justru malah akan memperkeruh suasana, itu menurut pengalaman saya

    Balas
  13. Ping-balik: 6 Theme Gratis dan Keren untuk WordPress Selfhosted | Cara Ririn

  14. Inyiak

    Wah menarik sekali…. 🙂
    o iya…barusan iseng mengunjungi blog yg lama neh…..Tapi yang tampil Pesan dibawah ini….mungkin ada manfaat nya.

    Blog ini terbuka hanya untuk pembaca yang diundang saja
    cara-ririn.blogspot.com

    Sepertinya Anda belum diundang untuk membaca blog ini. Jika Anda merasa ini adalah kesalahan, Anda mungkin ingin menghubungi penulis blog dan meminta sebuah undangan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *