Cara Memperbaiki Link Rusak di Blog Anda

Cara-Ririn.Com – Link rusak atau yang biasa disebut dengan broken link memang tidak bagus apabila dipelihara di blog. Karena hal itu bisa berpengaruh terhadap SEO. Oleh karena itu, apabila anda seorang Blogger dan Webmaster tentu harus rutin Mengecek Broken Link di Blog secara berkala. Bisa 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Atau mungkin kalau anda punya banyak waktu, bisa 1 minggu sekali. Biasanya yang sering terdapat broken link itu ada di kolom komentar, terutama di Link Profil Komentator.

Untungnya di internet ada salah satu situs yang menyediakan tools secara gratis yang bisa digunakan untuk cek broken link secara mudah, cepat, dan lumayan akurat hasilnya. Adalah situs Free Broken Link Checker nama situs nya yang mana beralamatkan di url www.brokenlinkcheck.com. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Yupz, kebetulan saya sudah pernah membahasnya pada beberapa waktu yang lalu.

Untuk melakukan cek link rusak, caranya sangat mudah. Anda tinggal masukkan url alamat blog website anda pada kolom yang sudah disediakan di situs tersebut. Dan kemudian isi kode captcha. Maka link rusak bisa ditemukan dengan mudah dan cepat. Permasalahannya adalah bagaimana cara memperbaiki link rusak tersebut?. Jangan lupa baca juga Cara Membuat Sub Domain untuk Blog Website.

Berbekal dari uraian diatas, saya menjadi tertarik untuk share informasi tentang Cara Memperbaiki Broken Link di Blog Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Silahkan kunjungi situs Free Broken Link Checker di url http://www.brokenlinkcheck.com/

2. Silahkan masukkan alamat Url Blog Website anda pada kolom yang sudah disediakan. Setelah itu, silahkan klik tombol Find Broken Link.

Free Broken Link Checker3. SIlahkan isi kode captcha atau kode verifikasi

4. Maka, hasilnya akan seperti dibawah ini. Yakni ditemukan ada banyak broken link. Untuk memperbaiki link rusak, silahkan klik tulisan SRC di Tab Baru.

Langkah-langkah Menghapus Link Rusak di Blog Website

5. Silahkan buka url postingan anda di Tab Baru.

Cara Menghapus Broken Link6. Silahkan klik tulisan EDIT.

Cara Memperbaiki Broken Link7. Hapus alamat url blog / website komentator. Setelah itu, silahkan klik tombol Update.

Cara Memperbaiki Link Rusak di Blog Anda 5Notes:

1. Silahkan ulangi langkah-langkah diatas sampai semua broken link di blog anda sudah diperbaiki

2. Untuk platform Blogger / Blogspot, cara memperbaiki broken link sama dengan cara diatas. Hanya saja bedanya adalah komentar pengunjung tidak bisa di perbaiki, alias hanya bisa di hapus.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan untuk anda semua tentang Cara Memperbaiki Link Rusak di Blog Anda. Semoga bisa bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih banyak atas atensinya. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Penyebab Postingan Blog Hilang dari SERP Google.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

90 gagasan untuk “Cara Memperbaiki Link Rusak di Blog Anda

  1. Nucky.P.N

    cara yang cukup sederhana namun bermanfaat kalau link rusak ini yang sangta berbahaya ya mbak semoga dengan tips nya bisa mmbuat link yang tadinya rusak jadi baik kembali .

    Balas
  2. revan

    link rusak akan berpengaruh terhadap website tidak secara keseluruhan. Link rusak hanya akan berpengaruh terhadap link tersebut. Link rusak bisa jadi adalah halaman sudah dihapus atau ada perubahan pada susunan link.
    Dengan webmaster milik google, kita diberi data ada dan tidaknya link rusak pada website kita. Kita bisa mengambil tindakan. Bisa dengan melaporkan bahwa link sudah dihapus dan agar di hapus dari index, bisa pula dengan melaporkan sudah diperbaiki. Atau membuat laporan pengalihan.

    Balas
  3. HAYARDIN

    selamat siang Mba ririn, saya juga dulu pernah mencoba cara ini Mba ririn, tapi saat ini saya lebih nyaman lewat webmastertools untuk memperbaiki Broken Link atau Link Rusak pada blog saya…

    Balas
  4. dede

    wah ternyata mudah juga yah mbak Ririn,ijin untuk mencobanya mbak,Terimakaish banget sudah berbagi tutor yang saya perlukan,,,,,

    Balas
  5. Aries

    Saya sendiri pakai plugin Broken Link Checker, jadi setiap ada link yang rusak, otomatis dia langsung laporan ke saya mbak. πŸ™‚

    Balas
  6. CILEMBU

    rutin sebulan sekali saya ng’cek link yang rusak via link diatas itu, kebetulan emang tak pasang dilaman.
    siip ilmunay, pasti dipake sama yang mampir dan udah lama ngga ng’cek broken link nya.

    Balas
  7. Aditya

    Sangat bermanfaat mbak, saya cek kesuluruhan ada 600 broken link. Kebanyakan terdapat dalam link pada komentator. Entah blog nya yg sudah tidak aktif, termasuk ada juga yang dari mbak eka cara-ririn.blogspot.com dulu, ada domainnya expired. Seperti butuh waktu yg cukup lama untuk menghapusnya satu per satu.

    Balas
  8. Nove Hasanah

    Tips yang amat bermanfaat.
    Kebanyakan broken link katanya para master blogger akan merusak reputasi blog di mata google. Selain itu juga mengecewakan pengunjung kalau yang diklik ternyata gak menghubungkannya dengan artikel atau halaman website yang ingin dibukanya.

    Balas
  9. Agun

    mba kenapa ya klo bikin link image atau url di blog justru munculnya begini namablog.blogspot.com/website-saya.com BUKAN website-saya.com biar bisa di klik, kira-kira itu kenapa ya? mohon infonya

    efeknya saya ngga bisa membuat link

    Balas
  10. Faisal Fachrureza

    Udah dicek, ternyata banyak link yang rusak, hadeh… terpaksa bersih-bersih dulu. Makasih ya mba ririn udah share tutorialnya. Untuk para blogger yang di blogspot saran saya sih hilangkan aja komentar Url/Name, hehehehe biar kemungkinan link rusak kecil πŸ˜€

    Balas
  11. agen tangkas

    itu untuk mencari broken link juga bisa menggunakan google webmaster tools…. itu jg sangat praktis didalam melakukan search dan mau delete link nya di google…. tp kecepatan dalam delete di SERP tergantung daripada PR web tersebut…. ^^

    Balas
  12. Rico

    Sudah saya hapus link yang rusak/broken dengan meminta penghapusan di webmaster mbak, smoga jadi lebih baik lagi ya situs qu, terimakasih mbak.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *