Cara Membangun Toko Online

Cara Membangun Toko Online – Salah satu sarana untuk mendapatkan penghasilan di internet adalah toko online. Dalam toko online, anda bisa menjual produk sendiri maupun produk orang lain. Toko online adalah sebuah situs yang memajang produk-produk yang anda jual beserta detail-detailnya. Dalam membuat sebuah toko online, perlu dipersiapkan hal pokok berikut ini :

Produk
Jelaskan pada toko online anda, anda jualan apa, detail-detailnya dijelaskan misalkan jualan baju, untuk siapa baju tersebut, ukuran-ukuran yang tersedia, warna-warna yang ada, bahannya dari apa, cocok untuk siapa, dan lain sebagainya. Toko online mencerminkan anda. Buatlah toko online yang jelas jualan apa beserta detail atau detailnya, seperti jelaskan diskon, cara pembayaran, produk bisa diambil sendiri atau dikirim, kalau diambil sendiri kemana, kalau dikirim memakai jasa perusahaan kurir apa, sampai kapan barang datangnya, dan lain-lain. Hal ini membuat pengunjung toko online anda tidak bingung dan bersedia membayar dimuka untuk memesan barang.

toko online

toko online

Cara Pembayaran
Cara pembayaran yang bisa dilakukan di toko online adalah membayar dimuka kemudian barang dikirim. Ini adalah hal lumrah dalam berbelanja di internet. Bagaimana orang mau membayar di muka?
Nah agar orang tidak rewel membayar dimuka sebelum barang dikirim, adalah membangun kredibilitas, orang percaya terhadap anda dan percaya terhadap produk anda. Cara membangun kredibilitas antara lain : di website toko online, anda memberikan bukti testimoni pembeli, bukti resi pengiriman, keterangan berapa banyak produk yang terjual secara online, tentang diri anda, kualitas produk anda, mengapa orang harus membeli produk dari anda, dan lain lain.
Cara pembayaran di toko online ada dua. Bisa melalui transfer antar bank atau melalui paypal/kartu kredit. Menurut pengalaman, yang paling sering digunakan adalah pembayaran melalui internet banking atau transfer antar bank.
Cara Pengiriman
Selanjutnya, kita mempersiapkan cara pengiriman. Untuk pengiriman kita bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman / kurir seperti TIKI, JNE, Dakota, dan lain lain. Jadi setelah konsumen membayar di muka, maka kita mempersiapkan barangnya sebaik mungkin. Lalu petugas jasa pengiriman datang ke rumah kita untuk mengambil barang tersebut dan mengirim ke alamat pemesan.

Menu-menu yang harus tersedia di dalam toko online, biasanya sebagai berikut :
1. Katalog barang yang anda jual, meliputi update produk terbaru, update produk yang didiskon, update produk bestseller, dan lain sebagainya
2. FAQ. Pertanyaan-pertanyaan umum yang biasanya dilontarkan orang bisa anda taruh di menu ini.
3. Cara pemesanan dan pembayaran
4. Cara pengiriman. Seperti memakai jasa kurir apa, pengiriman nomor resi pengiriman, kapan sampainya di pembeli, dan lain lain
5. About Us. Berisi alamat operasional, cara menghubungi anda melalui telepon, email, YM, atau langsung ke tempat anda
6. Terms and Conditions. Menu ini berisi mulai dari pemesanan barang, metode pembayaran, syarat bisa klaim garansi yang diberikan, persyaratan barang yang bisa dikembalikan, dan lain lain. Aturan main ini harus sangat jelas sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan konsumen di kemudian hari. Ingat, toko online adalah pribadi anda sendiri.
7. Kotak pencarian produk. ini berguna untuk mencari produk-produk anda lainnya.

Pendek kata, buatlah toko online yang tidak membingungkan pengunjung blog. Seperti kata-kata,”blog ini jualan apa ya?”. Buatlah toko online yang mudah dimengerti banyak orang sehingga orang “oke” untuk membeli dari anda. Anda bisa jualan produk sendiri atau produk orang lain (affiliate). Demikianlah Cara Membangun Toko Online. Semoga bermanfaat.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

5 gagasan untuk “Cara Membangun Toko Online

  1. anies

    Seorang business expert pernah beritahu, online shop mesti dibuat lain dari yang lain…maksudnya online shop kita menjual barangan yang tak ada di tempat lain

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *