Cara Agar Traffic Blog Stabil Walau Jarang Update

1. Pilih Jenis Artikel Abadi

Blog Pribadi yang dikelola oleh individu sebaiknya pilih topik artikel yang abadi, dalam artian punya durasi waktu lama topik tersebut. Alasannya adalah kita tidak bisa update artikel dalam jumlah banyak setiap hari dan juga kita tidak mungkin konsisten ngeblog tiap hari secara terus menerus. Artike jenis ini memang sangat menguntungkan karena dari waktu ke waktu informasi tersebut selalu dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang. Sehingga kemungkinan besar, postingan blog kita tetap bisa bermanfaat meskipun tanggal penerbitannya sudah jaman dulu.

2. Pilih Topik Artikel yang Dicari Banyak Orang

Usahakan setiap artikel yang dibuat itu dicari banyak orang, karena hal itu bisa mendatangkan banyak pengunjung. Artikel jenis ini memang mempunyai tingkat kompetisi yang tinggi di search engine, tapi apabila optimasi onpage blog kita bagus, pasti postingan blog kita bisa muncul di halaman pertama Google. Apa saja sih topik artikel yang dicari banyak orang? Baca selengkapnya tentang Jenis Konten Blog yang Dicari Banyak Orang.

3. Buat Artikel Yang Bermanfaat untuk Orang Lain

“Konten adalah Raja” itulah ungakapan para blogger Indonesia. Diharapkan dalam membuat postingan bisa bermanfaat untuk pembaca. Misal, bisa memberikan solusi atas persoalan yang terjadi pada internet user, bisa memberikan jawaban atas pertanyaan yang dicarinya, atau mungkin bisa mencerahkan pembacanya, dan masih banyak lagi.

Jangan terlalu memfokuskan diri pada monetasi blog atau mungkin hanya fokus pada tampilan blog terus. Tapi alangkah baiknya kita selalu memfokuskan diri membuat artikel yang kaya informasi dan berguna bagi orang lain. Karena yang dicari pengunjung ketika berkunjung di blog kita bukan widget, bukan valid HTML5, bukan responsive, bukan iklan, ataupun tampilan blog, melainkan adalah konten blog.

Mengapa Google masih tetap menampilkan postingan-postingan jadul di halaman hasil penelusurannya? Hal itu karena postingan tersebut masih bermanfaat untuk orang lain, sehingga postingan tersebut masih tetap dipertahankan oleh Google di SERP nya.

4. Buat Artikel Standar SEO

Jadi blogger dan webmaster, pinter dan rajin menulis artikel saja tidak cukup, karena ada satu hal yang ketinggalan yakni artikel harus standar seo friendly. Percuma tulisan kita bagus tapi tidak bisa muncul di Google, sehingga yang baca tulisan kita juga sedikit. Oleh karena itu, diharapkan ketika menulis artikel itu teroptimasi, sehingga bisa muncul di halaman pertama Google, yang mana berpotensi mendatangkan ribuan pengunjung ke blog kita.

5. Cari Backlink untuk Artikel / Postingan

Agar postingan yang kita buat bisa muncul secara keseluruhan di Google, kita harus cari backlink pada masing-masing postingan dengan anchor text yang berbeda-beda, sehingga harapannya bisa muncul di halaman pertama Google dan siap bersaing dengan postingan blog website lain. Poin ini memang lumayan berat, tapi apabila kita intensif mencari backlink, pasti hasilnya bisa dirasakan.

Demikianlah informasi sederhana yang bisa saya sampaikan untuk anda tentang Cara Agar Traffic Blog Stabil Walau Jarang Update. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang Penyebab Artikel Hilang dari SERP Google.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

56 gagasan untuk “Cara Agar Traffic Blog Stabil Walau Jarang Update

  1. Irul

    Kayaknya caranya mbak ririn perlu diterapkan diblog saya deh, jarang update artikel soalnya..
    Keren artikelnya..

    Balas
  2. AIUEO

    cara-cara di atas kelihatan gampangnya gampang susah ya mbak,
    cocok sekali ini bagi saya yang updatenya kadang jarang-jarang

    Balas
  3. Basri Abdullah

    Kayaknya harus cari backlink lagi nih untuk artikel, cukup berat sih, oh ya idealnya berapa backlink untuk masing-masing artikel mbk ? mohon masukan 🙂

    Balas
  4. Fuadi Mukhlis

    Topik abadi dan banyak dicari orang mbak ya. Hemm.. Memang inilah yang bagus. Tapi ternyata tidak semua orang selalu sependapat, kalau saya sih sependapat 🙂 . Audience macem-macem, kadang remaja lebih senang dengan berita terupdate mengenai seleb. Untuk tingkat dewasa lebih sering rumor politik.

    Apapun itu yang penting “bermanfaat bagi orang lain” Kalau yang ini gak diragukan lagi efek-nya.

    Balas
  5. Fikrismea

    cara ini nih yang harus saya terapkan pada blog saya, soalnya jarang banget mau Update blog.
    Soalnya bingung mau share apa. hehe
    makasih ya mba ririn

    Balas
  6. ctfand

    membaca artikel ini buat saya berfikir tentang artikel di blog saya. saya paling suka dan sangat setuju dengan point nomor 3 “Buat Artikel Yang Bermanfaat untuk Orang Lain”. terima kasih perkongsiannya..

    Balas
  7. Tuto

    rinci sekali infonya, makasih mba artikel yang sangat bermanfaat, terus terang blog ane juga masih naik turun dan sepi pengunjung hehe

    Balas
  8. kharis

    Blog saya masih ababil, masih belajar nulis materi kaya informasi. Makasi kak Wahyu Eka Prasetiyarini

    Balas
  9. Ping-balik: Cara Buat dan Kelola Blog secara Kolektif Bersama-sama | Cara Ririn

  10. Ping-balik: Cara Share Link ke Twitter Agar Di Retweet Banyak Orang | Cara Ririn

  11. Ping-balik: Cara Membuat Daftar Isi Blog Otomatis Menurut Label | Cara Ririn

  12. NONTO

    mungkin yang agak susah itu adalah yg nomer 4. butuh waktu belajar untuk menulis artikel SEO. dan juga memperhatikan SEO onpage nya 🙂

    Balas
  13. Gatut Sukmono

    Gampang-gampang susah, gampang untuk ditulis dan dibicarakan. Susah untuk dipraktekkan, apalagi tahap untuk mencari backlink.. Perlu kerja keras, tapi pasti hasilnya akan setimpal.. Belajar dari blog cara-ririn.com biar semangat terus..

    Balas
  14. EKA

    nah ini dia mba yg saya cari2, saya jarang sekali update blog, cuma kadang2 saja, maklum blog sekolah hehee…. makasih mba tips nya 🙂

    Balas
  15. hyden

    Kalau melihat dalam 3 bulan bisa tembus 700 per hari bikin ngiler aja nih. Tapi setidaknya bisa membuat semangat utk ngeblog semakin bertambah bagi pemula seperti saya.
    Terima kasih

    Balas
  16. Highland Indonesia

    Laksana mahluk hidup yang bisa tumbuh kembang secara baik karena dirawat dan diberikana makan baik pula,begitupun dengan blog atau web yang harus diperlakkan sebagai mahluk hidup

    Salam sahabat
    Ade Zaenal Mutaqin

    Balas
  17. Blog Kontenxyz

    lebih baik update tiap hari kak, ya memang terkadang ada suatu kesibukan yang lain. tapi kita kan bisa menulis artikel jauh-jauh hari sebelumnya sehingga di simpan pada draft blog 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *