Cara Agar Blog Website Tampil Profesional

Cara-Ririn.Com – Biasanya orang menilai sesuatu itu dari penampilan, baru kemudian pernak-pernik lainnya. Begitu juga halnya dengan tampilan blog. Meski konten yang disajikan amat sangat berkualitas dan bermanfaat sekali, tapi performa blog tidak bersahabat, bisa bikin pengunjung mudah kabur. Ini yang kemudian menarik untuk kita pelajari.

Tampilan blog memang bersifat relatif. Artinya, tergantung siapa yang melihat dan menilainya. Mungkin menurut kita, performa blog kita sudah amat bagus, keren, dan elegan. Tapi belum tentu menurut pendapat orang lain bagus. Meskipun demikian, alangkah baiknya kita mengusahakan agar performa blog kita bisa bagus, syukur-syukur bisa tampil profesional, sehingga membuat pengunjung nyaman untuk singgah dan berlama-lama di blog kita. Baca juga Cara Agar Blog Muncul di Halaman Pertama Google.

Cara Agar Blog Website Tampil Profesional

Image by hotjoomlatemplates.com

Kebetulan blog saya belum bisa tampil profesional, karena saya menyadari bahwa saya tidak jago dalam hal desain blog. Meskipun demikian, saya berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengecewakan pengunjung, terutama loading blog dan kualitas konten.

Agar tidak terlalu panjang introduksinya, mari kita intip Cara Agar Blog Website Tampil Profesional. Berikut adalah point-point nya.

1. Punya Ciri Khas

Lebih baik menjadi diri sendiri, daripada jadi orang lain. Alangkah baiknya blog kita punya ciri khas tersendiri, dan lain daripada yang lain. Sehingga bisa diingat oleh pengunjung dengan mudah. Selain itu, anda akan dinilai punya daya kreativitas dan juga punya imajinasi yang bagus.

Tidak sedikit para blogger meniru gaya orang lain. Misal nya seperti meniru kalimat “Mencari Sesuatu?” yang ada di widget kotak search. Anda pasti tahu siapa dan blog mana yang punya ciri khas seperti itu. Memang tidak salah sih apabila kita meniru dan mengadopsi gaya orang lain, tapi blog kita akan dinilai orang kurang baik, misal hanya suka ikut-ikutan saja, nggak kreatif ah πŸ˜€

2. Jangan Mengharapkan Sesuatu dari Pengunjung

Jangan sekali-kali mengharapkan sesuatu dari pengunjung! Tapi tawarkan sesuatu yang sekiranya amat sangat dibutuhkan oleh pengunjung, namun kita tetap untung πŸ˜€ Kita perlu bertanya pada diri sendiri, untuk apa sih mereka (pengunjung) datang ke blog kita? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah mencari informasi yang dibutuhkannya. Oleh karena itu, sajikan informasi yang penting dan berguna bagi pengunjung.

Banyak sahabat-sahabat blogger yang mengharapkan sesuatu dari pengunjung, yang menurut saya pribadi kurang etis, lebih-lebih profesional. Misalnya seperti “Tolong Klik Iklan Ini, Cukup 1x saja” atau “Tolong Bantu Saya Vote Google+ ya”. Pertanyaan nya, emang siapa sih yang mau disuruh-suruh? Anda pasti tidak mau kan diperintah orang lain? Oleh karena itu, diharapkan kita tidak melakukan hal tersebut. Kalau pengunjung suka dengan konten kita karena bermanfaat, pasti mereka tidak segan-segan untuk klik iklan di blog kita, atau mungkin klik vote Google+ atau mungkin like Halaman Facebook kita.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

76 gagasan untuk “Cara Agar Blog Website Tampil Profesional

  1. Indra Kusuma Sejati

    Ternyata cara membuat blog webite tampil secara profesional itu juga harus memuat hal yang simpel dengan navigasinya dan juga sajian artikelnya haurs bermanfaat ya Mba. Trims atas hsaring yang bermanfaat ini.

    Salam

    Balas
  2. ZGAS

    hmmm .. saya belom Punyaaa Logo Bloggg nihhhh adanya juga Papan Pengumuman yang sesakkk hehe kayaknyaa harus cepet cepet buat logo nihhhh Biar tambah Woww Bloggnya hehe

    Balas
  3. Dzaky Farras N

    Yang logo blog dan favicon ane belum pasanga di blog ane mbak. Soalnya, bingung bikin desainnya, masa cari di internet sih? kan malah terlihat tambah gak profesional.

    ANe setuju banget dengan yang nomor 17, punya niche blog. Menurut ane, niche blog itu kesannya lebih profesional karena artikel yang dibahasa di dalamnya hanya mencakup satu tema saja.

    Balas
  4. AIUEO

    benar sekali ke dua point itu,
    tentang tamplate kadang relatif ya mbak tergantung selera, yang penting tidak menyulitkan pengunjung misal kalau lodingnya lambat

    Balas
    1. Ririn

      saya pengen banget beli theme premium, tapi belum ketemu yang jualan mas. Punya rekomendasi nggak mas? πŸ™‚

      Balas
  5. TSA

    Memang untuk membuat blog kita kelihatan profesional membutihkan waktu ya Mba’
    Saya saja sudah berkali kali ganti theme agar kelihatan minimalis dan bersahabat di WEB atau pun Mobile
    Untuk isi memang lebih baik 1 gendre , jika ingin posting yang lain , baiknya buat blog lain , karena akan mencemari isi blog kita πŸ™‚
    Sukses selalu …….

    Balas
    1. Ririn

      artikel nya tidak bahas tentang tampil / muncul di Google search mas, tapi tampil profesional πŸ˜€

      Balas
  6. Budi Smart

    mungkin blog saya masuk dalam kreteria blog profesional nih. hehee
    memang tidak mudah ya mbk membangun blog profesional meskipun cuma kelihatannya saja. terima kasih sharenya..

    Balas
  7. oyo sukarya

    blog tampil profesional mengedepankan blog menjadikan unik, kreatif, sehingga bisa menjadikan diri sendiri sbg ciri khasnya, penjelasan yg komplete untuk pemula seperti sy, sangat bermanfaat sekali untuk mengembangan blog di masa depan, luar biasa artikel Mbak sehingga tidak bosan sy sering mampir di sini

    Balas
  8. Basri Abdullah

    Masuk akal, mbk, menjadi diri sendiri, itu yang penting, itulah yang membedakan blog dari blog orang, sehingga memiliki tempat sendiri di hati pembacanya. πŸ™‚

    Balas
  9. Saud Karrysta

    Selamat malam Mbak Ririn, artikelnya membuat pengetahuan yang positif
    Untuk saya nih Mbak, tentang cara membuat blog/site profesioanal
    Ini bukan cara yang mudah, tapi pada artikel ini saya banyak belajar
    Makasih atas artikel yang sangat berharga ini salam santun Buat Mbak Ririn πŸ™‚

    Balas
  10. aldinosya

    benar2 dikupas abis..setajam silet..!, sampe “hati” di bawa2 .., maksimal penjelasannya mba..!, mungkin lg mood ya..!..Pizz..cuma kata gado2 aj..biar variasi sedikit, tp ane punya harapan..punya blog yg tampilan/style dan isi artikel menjadi magnet bg pengunjung, ane pernah kunjungi blog yg dimodif seperti layaknya kita ingin maen gem..isinya pun bagus2, loadnya ringan.,

    wadduh..!,, sdh empat baris, smpe di sini dulu komengnya,, mw nambahin ntr jd satu postingan lg, apalagi gak bisa tidur dicintaicom (gak nyambung)..SMILE..

    Balas
  11. Soraya Abdullah

    Membuat sesuatau yang berbeda dan unik pada umumnya, akan memperkuat branding kita, termasuk blog, dan itu akan mudah diingat oleh pembacanya.

    Balas
  12. Gupitan

    Terimakasih banyak tipsnya Mbak… ternyata untuk tampil profesional. blog saya masih banyak sekali yang harus dibenahi πŸ™‚

    Balas
  13. Fuadi Mukhlis

    Widget unik terkadang memang menyenangkan ya mbak. Misalnya saja jam dinding besar, ikan berenang dan lain sebagainya, tapi ternyata malah membuat blog tidak bisa tampil profesional.

    Secara gampang sebenarnya sudah di contohkan di web-web yang sudah berpage rank tinggi. Mereka memasang widget yang diperlukan oleh pengunjung, bukan widget yang diperlukan “diri sendiri”.

    Balas
  14. Aditya

    Ternyata untuk jadi professional masih banyak juga yang perlu dibnahi, baik dari segi kualitas konten, keindahan dan design tampilan, Manfaat ga nya suatu widged dan banyak sebagainya sesuai dengan uraian diatas. Insya Allah akan saya coba mempraktekannya stau persatu mbak. Kalau memang belum bisa jadi professional setidaknya sudah pernah mencoba dan terus mencoba πŸ™‚

    Balas
  15. Fuadi Mukhlis

    Saya simak lagi artikel ini mbak. Memang ribet, tapi harus dipraktekkan supaya web lebih tampil profesional. Hematnya mulai dari membuat, menulis dan berpromosi semua harus “pro” betul GETU kan mbak?

    Balas
  16. kang miftah

    β€œTolong Klik Iklan Ini, Cukup 1x saja” atau β€œTolong Bantu Saya Vote Google+ ya”. Pertanyaan nya, emang siapa sih yang mau disuruh-suruh? Anda pasti tidak mau kan diperintah orang lain?

    ini yang buat aku ketawa πŸ˜€ memang benar… untuk menjadi profesional tidak harus meminta ,,,, siiippp siiippp

    Balas
  17. iskael

    untuk poin
    12. Hindari Optimasi Artikel yang Terlalu Lebay
    bisa gunakan CSS biar tebalnya ga kelihatan, tapi tetap punya tag strong πŸ™‚

    Balas
  18. Ping-balik: Cara Bikin Blog Gratis di Android Semakin Mudah | Cara Ririn

  19. Ping-balik: Cara Mengganti Theme Blog WordPress Keren | Cara Ririn

  20. Roli supiawan

    Makasih Banyak gan! follow balik blog saya
    Salam silaturahmi…
    Nama : Roli Supiawan
    Email : Rolisupiawan7[at]gmail.com
    Web : blog-medianet.blogspot.com
    olixgrafer.blogspot.com

    Balas
  21. Ping-balik: Cara Hapus Theme WordPress yang Sudah Diinstall Tapi Tidak Terpakai | Cara Ririn

  22. Ping-balik: Daftar Akun Linkedin.com Bahasa Indonesia | Cara Ririn

  23. Ping-balik: Berapa Harga Sewa Domain dan Hosting untuk Bikin Blog Website? | Cara Ririn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *