Belajar Menjadi Seorang Blogger

Ratu Solo

Membuat blog di Blogger atau WordPress memang sangat mudah. Tidak lebih dari 5 menit blog sudah jadi. Namun, apakah itu sudah bisa disebut sebagai seorang Blogger? Tentu saja sudah, tapi belum bisa memperoleh predikat Blogger sejati.

Teman-teman saya kebetulan banyak yang sudah punya blog, tapi hanya sekedar ikut-ikutan teman. Setelah itu nggak tahu nasib nya gimana dengan blog yang sudah mereka buat.

Untuk itu, sebelum anda memutuskan menjadi seorang blogger, anda perlu bertanya kepada hati kecil anda. Apa motivasi saya membuat blog? Apa cita-cita yang saya harapkan? Dan bagaimana cara mengorganisasi waktu untuk ngeblog? Semua pertanyaan tersebut hendaknya dijawab jauh-jauh hari sebelum anda membuat blog.

Belajar Menjadi Seorang Blogger

Image by spyjournal.biz

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Belajar Menjadi Seorang Blogger. Berikut merupakan point-point penting yang harus anda perhatikan ketika ingin menjadi seorang blogger. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang 6 Jenis Konten Blog yang Dicari Banyak Orang.

Punya Skill Menulis dan Membaca
Kedua skill ini memang sangat berkaitan satu sama lain. Adalah sangat langka orang yang suka menulis, tapi tidak suka membaca. Begitu juga sebaliknya. Seorang blogger diharapkan mempunyai kedua skill tersebut. Pasalnya, kita disediakan space yang besar di blog untuk diisi dengan tulisan-tulisan kita. Selain itu, skill membaca juga sangat penting untuk menggali informasi dan menambah kosa kata baru di memori otak kita.

Bisa Mengorganisasi Waktu dengan Baik
Diharapkan seorang blogger bisa mengatur waktunya dengan baik. Baik untuk membuat artikel, blogwalking, dan juga untuk aktivitas di dunia nyata. Terlebih lagi jika anda adalah part time blogger. Anda harus pandai-pandai mengelola waktu anda. Sehingga, harapannya blog anda bisa selalu hidup dan berlangsung lama.

Sabar dan Konsisten
Point ini memang sangat sulit untuk diimplementasikan. Pasalnya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, minggu besok, atau mungkin tahun depan. Selain itu, kita juga sering terkendala oleh hal teknis yang tidak terpikirkan sebelumnya. Misalnya saja koneksi internet lambat, tidak ada koneksi internet, listrik mati, laptop rusak, dan lain sebagainya. Untuk itu, diharapkan kita sabar dan jangan patah semangat. Dengan begitu, ngeblog bisa terasa indah.

Mau Belajar Serius
Sebagian besar orang umumnya ngeblog belajar secara otodidak. Dalam artian, belajar secara mandiri. Meskipun akhir-akhir ini ada beberapa kursus ngeblog, SEO dan internet marketing, tapi jumlahnya masih relatif sedikit. Untuk itu, jika anda ingin pandai, hendaknya anda mau belajar secara serius agar anda bisa tahu tentang seluk beluk blogging.

Suka Menjalin Persahabatan
Perlu anda ketahui bersama bahwa blogger juga termasuk media sosial. Kita bisa menggunakan blog untuk sharing informasi yang menarik kepada siapa saja. Selain itu, kita juga bisa berinteraksi dengan orang lain tanpa mengenal usia, tempat, dan waktu.

Demikian informasi sederhana yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Belajar Menjadi Seorang Blogger. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Cara Ririn tentang 5 Blogger Sukses dari Indonesia. Terimakasih atas perhatiannya.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI
ketua poker

30 gagasan untuk “Belajar Menjadi Seorang Blogger

  1. Ehwansah Jailani

    saya saja belum bisa di bilang blogger sejati walaupun blog saya berbeda.
    tapi saya tetap semangat tuk jadi sang blogger walaupun itu tidak sang blogger sejati.

    Salam Sejati Blogger…

    Balas
  2. baho-punya

    saya sering terkendala di masalah waktunya memang mbak, karena aktivitas sehari – hari. tipsnya gampang – gampang susah untuk di praktekkan tetapi namanya belajar harus berusaha terus yaa mbak. thanks mbak Eka 🙂

    Balas
  3. Aditya

    Seorang blogger belum bisa dikatakan blogger kalau belum mengalami pahit manisnya dunia blogger, dari yang ketatnya persaingan di serp, susahnya cari backlink yang berkualitas, mengatasi para pencuri konten, dapat kiriman pulsa dari orang belum kita kenal atas artikel yg kita publish (pengalaman pribadi), susahnya mempelajari bahasa xml dsb.

    Namun itu semua adalah hal yang membuat kita menjadi lebih bijak dan dewasa. Dari kesalahan atau ketidaktahuan kita, kita belajar dan belajar untuk berusaha menjadi yang terbaik. Karena yang namanya sukses itu butuh yang namanya proses dan pengorbanan. Begitu pula dengan menjadi seorang blogger. Karena seperti yang kita inginkan yakni menjadi seorang blogger yang sukses.

    Thank’s for sharing this article, it’s very awsome and i wish, i can learn more about how to be a Good Blogger from you master. Nice, i like it 🙂

    Balas
    1. Ririn Cute Penulis

      iya mas, jadi apabila kita ingin jadi blogger sukses harus bekerja keras ya agar bisa berhasil 🙂

      Balas
  4. Dzaky Farras N

    Bisa mengkoordinasi waktu itu yang menurut saya sangat susah untuk diterapkan. Kenapa? Karena kegiatan saya gak cuma ngeblog, kadang kalau lagi keasyikan nonton film atau main game, blog kemungkinan besar akan terlupakan.

    Balas
  5. anton

    salam semangat semua…
    Mudah”han kita bsa menjadi blogger sejati 😀

    Kunjungi ea Sobat Blog Saya : katabijakinspirasiku.blogspot.com

    Balas
  6. Ping-balik: Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Postingan Blog Anda | Cara Ririn

  7. Ping-balik: Suka telat Sholat ? Pasang widget Jadwal Sholat di Blog ! | Cara Ririn

  8. Ping-balik: Ciri-ciri Blogger Sukses dan Terkenal | Cara Ririn

  9. Ping-balik: 5 Hal yang Paling Ditakuti Blogger Indonesia | Cara Ririn

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *