Affiliate Marketing dan Contextual Advertising

Affiliate Marketing dan Contextual Advertising – Ada banyak cara mendapatkan dollar di internet. Di sini hanya akan diutarakan dua cara saja menghasilkan dollar dari internet, yaitu: Affiliate Marketing dan Contextual Advertising

Affiliate Marketing
Apa itu affiliate marketing? Affiliate marketing adalah salah satu model bisnis di internet yang menghasilkan uang. Cara kerjanya adalah kita menjual barang/jasa milik orang lain atau milik dari affiliate merchant (pemilik situs affiliate). Kalau ada barang/jasa yang terjual melalui link khusus kita maka kita akan mendapatkan komisi / uang persenan.
Affiliate Marketing dan Contextual AdvertisingJika anda bergabung dalam program ini, pemilik situs nantinya akan memberi anda link khusus atau url yang biasanya dibelakangnya dicantumkan nama anda sebagai member affiliate. Tugas anda adalah menyebarkan link khusus ini. Nantinya jika ada yang membeli barang/jasa dari link khusus ini maka anda akan mendapat komisi pembayaran sekitar 5% sampai 70 %, bahkan ada yang membayar 100 % tergantung perjanjian dengan pemilik situs affiliate tersebut. Enakkan?anda tak pusing membikin produk sendiri. Kalau dalam bisnis, anda disebut sebagai perantara.

Pada dasarnya, affiliate marketing ini ada dua macam, yaitu:
Pay perlead yakni kita dibayar jika ada orang yang masuk ke situs pemilik affiliate menggunakan link khusus kita. Lalu orang itu memasukkan data email dan data pribadi lainnya. Maka kita dibayar untuk itu. Contoh situs : www.cj.com.

Yang kedua, pay persale adalah kita dibayar jika ada orang yang masuk ke situs pemilik affiliate dengan link khusus kita, lalu mereka membeli barang / jasa dari situs affiliate tersebut. Ingat syaratnya harus terjual. Model bisnis ini tidaklah mudah, tergolong agak sulit dimana butuh perjuangan untuk berhasil, tapi imbalannya sesuai dengan perjuangan tersebut. Contoh web pay persale adalah paydotcom.com, clickbank.com, amazon.com, dan banyak lagi. Lebih lengkapnya, coba cari di mesin pencarian seperti goggle.

Cara daftarnya atau gabung pada dasarnya hampir sama. Pertama, masuk ke situs pay persale bersangkutan, lalu tekan tombol sign up. Isikan data data anda, lalu konfirmasikan atau verifikasikan pendaftaran dengan email yang digunakan saat anda mendaftar. Setelah itu anda tinggal menyebarkan link khusus anda yang diberikan pemilik affiliate.

Penyebab kegagalan seseorang bisnis affiliate ini banyak sebabnya, diantaranya kurangnya memberikan informasi yang jelas mengenai produk produk yang dijual situs affiliate kepada pengunjung blog anda. Oleh sebab itu, buatlah penjelasan mengenai situs affiliate itu di halaman blog secara jelas. Buat review situs tersebut.

Penyebab kegagalan affiliate bisa disebabkan karena anda tidak pernah mempelajari situs affiliate tersebut seperti apa saja yang dijual atau cara pembayarannya. Jadi lebih baik, sebelum bergabung dengan situs affiliate, anda pelajari situs tersebut secara mendalam. Bisa juga kegagalan affiliate selain pengunjung blog tidak mendapat penjelasan mengenai situs affiliate, juga bisa disebabkan karena kebutuhan pengunjung blog berbeda dengan apa yang ada di situs affiliate tersebut, dan bisa juga karena kurangnya promosi atau informasi.

Contextual Advertising
Anda sebagai pemilik blog atau situs menjual tempat atau space diblog anda untuk ditempeli iklan baik berupa banner ataupun text link. Jelas, pengiklan harus membayar kepada anda. Istilahnya, anda menjual tempat di blog anda. Iklan yang ditempel diblog adalah iklan yang relevan dengan isi blog anda. Contohnya iklan Google Adsense, dan Adbrite. Dimana kalau pengunjung mengklik iklan tersebut berarti pengiklan membayar kepada anda.

Pengiklan ini bisa berasal dari perorangan ataupun dari perusahaan. Pengiklan membayar kepada goggle untuk pasang iklan dan goggle membayar kepada anda atas iklan tersebut. Pada mulanya iklan akan muncul di mesin pencarian goggle jika sedang mencari informasi. Untuk daftar anda bisa ke : www.google.com/adsense atau baca Tutorial Daftar Google AdSense Indonesia

Anda pun bisa menjual tempat di blog anda untuk dijadikan iklan pada seseorang atau perusahaan dengan masa/jangka tertentu seperti satu bulan dengan tarif iklan terserah anda seperti 100 ribu perbulan. Asalkan blog anda ramai pengunjung, para pemasang iklan tak ragu untuk beriklan.

Catatan : Affiliate marketing dan ContextualAdvertising membutuhkan blog yang banyak pengunjungnya. jika tidak demikian maka tidak akan berhasil. makanya inilah yang disebut bisnis internet adala proses dan memerlukan waktu untuk berhasil serta perlunya ketelatenan

Sekian penjelasan singkat mengenai Affiliate Marketing dan Contextual Advertising. Semoga bermanfaat menambah wawasan.

Download dan Install Aplikasi Android Blog Cara Ririn KLIK DISINI

19 gagasan untuk “Affiliate Marketing dan Contextual Advertising

    1. Elan Suherlan Penulis

      affiliate marketing berlaku untuk blog baru yang sepi pengunjung,,,tapi kemungkinan besar tidak laku,,,,tidak berhasil, harus ada trafik dalam affiliate agar berhasil

      Balas
    2. Elan Suherlan Penulis

      blog yg masih sepi pengunjung tidak akan berhasil buat goggle adsense dan affiliate,,,makanya trafik harus tinggi dulu lalu dimonetisasi baru itu bisa,,,

      Balas
  1. Mang Yono

    kalau saya termasuk Contextual Advertising ya, karena blog saya memasang Google Adsense, Alhamdulillah selama tiga bulan ini saya dibayar tepat dan memuaskan oleh pihak Adsense awalnya saya gak percaya dengan jumlah dollar yang diberikan pada PO-nya mulai dari bulan mei $900, juni $300 dan juli $300 juga, yang juli baru mau saya ambil nanti siang ke agen Western Union hehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *